Pengertian Lengkap Tentang Media Komunikasi

Pengertian Lengkap Tentang Media Komunikasi
Pengertian Lengkap Tentang Media Komunikasi
Hay Sob, kali ini kami akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang materi anak TKJ, heheh ya nggak harus itu sih. Emm ini dia kita akan membahas tentang Pengertian lengkap Media Komuikasi. Langsung saja kita bahas !

Telepon Jenis Media Komunikasi Audio

Media Komunikasi
suatu alat yg dipergunakan untuk mempermudah penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain, untuk mencapai tujuan yang ditentukan

Menurut jenisnya, media komunikasi dikelompokkan dalam 3 macam :
1. Media berupa Audio (media komunkasi audio)
2. Media komunikasi berupa visual (media komunikasi visual)
3. Media komunikasi yang berupa audio visual (media komunikasi yang berupa audio visual)

Nah Pengertian pada jenis media komunikasi:
1. Media Komunikasi Audio : yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : Radio, telepon, tape recorder, dsb.
2. Media Komunikasi Visual : yaitu suatu alat yang dapat ditangkap melalui alat pengelihatan. Contoh : surat, transparasi, chart atau grafik, dll.
3. Media Komunikasi Audio Visual : yaitu suatu alat yang dapat dilihat dan didengar. Contoh : televisi, vcd, layar lebar, internet, wawancara (face to face), kunjungan, dsb.

Fungsi Media Komunikasi
Secara umum tebagi menjadi 4 :
1. Alat untuk menyampaikan informasi
2. Alat untuk menerjamahkan lambang komunikasi
3. Alat untuk mempercepat dan mempersingkatpenyampaian informasi
4. Alat untuk menghibur (to entertain) dan mendidik (to educate)

Hal-hal dalam media komunikasi :
1. Berita harus dimengerti oleh penerima : komunikasi efektif, berita/informasi harus jelas dan dapat dimengerti oleh penerima.
2. Karakteristik sistem komunikasi : ditentukan dan dibatasi oleh karakteristik dan sumber, media transmidi dan penerima.
3. Derau / gangguan : harus diatasi dengan pemiliha perangkat keras yang cocok/dengan sistem yang mempunyai kemampuan mendeteksi kesalahan

Nah, itulah kurang lebihnya tentang media komunikasi. Sekian dulu ya sob, semoga artikel diatas dapat membantu sobat semua. Terimakasih~
Advertisement