Cara Mudah Install Linux Debian Server Beserta Gambar

Cara Mudah Install Linux Debian Server Beserta Gambar
Cara Mudah Install Linux Debian Server Beserta Gambar
Hay sobat, kali ini kami akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang cara install Linux Debian Server "7 Whezzy". Nah, sobat semua pasti banyak kan yang ingin memakai linux, eitz sebentar dulu, yang akan kita bahas ini akan menggunakan basis text jadi tidak seperti debian client ya yang menggunakan basis GUI/ grafik. Rata-rata debian server ini banyak diminati anak-anak muda yang sering bermain jaringan dan belajar hacking, hehehe. Oke langsung saja ya ke tutorialnya.

Inilah Cara Mudah Install Linux Debian Server :

1. Setting boot order pada BIOS nya dulu, kemudian masukkan DVD Debian ke dalam PC lalu nyalakan PCnya. Maka, akan muncul tampilan seperti gambar dbawah ini.

Tampilan awal Debian

Pada gambar diatas, Pilih “Install” untuk menginstal Debian dengan mode biasa (bukan mode grafis / GUI). Setelah memilih “Install” maka akan muncul tampilan seperti ini. 

2. Pilih bahasa tampilan untuk proses instalasi Debian sesuai keinginan sobat, disini kami menggunakan bahasa inggris lalu tekan “Enter”.

Pemilihan bahasa proses instalasi

3. Setelah memilih bahasa, kemudian sobat di ajukan untuk memilih lokasi sesuai lokasi tempat  tinggal sobat. Jika tidak tercantum seperti gambar diatas, pilih “other
untuk mencari lokasi sobat. Kalau sudah ketemu lokasi yang benar, tekan “Enter” pada lokasi tersebut. (Lihat gambar dibawah)

Pemilihan Lokasi pada Debian

4. Selanjutnya akan menuju ke bagian ini, yaitu pemilihan output keyboard untuk Debian yang diinstal. Disini biasanya yang dipilih adalah output keyboard “American English”, karen seperti keyboard standar yang sering kita pakai. Maka pilihlah “American English” dan tekan “Enter” untuk memilih output keyboard Inggris-Amerika tersebut. (Lihat gambar dibawah)

Pemilihan jenis keyboard pada debian

5. Setelah di Enter akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, Jika muncul 2 pilihan network adapter, pastikan sobat pilih yang “eth0” karena yang pasti dipakai dan yang pertama dikonfigurasi itu eth0. Tekan “Enter” pada pilihan eth0. (Lihat gambar dibawah)

Konfigurasi Network pada Debian

6. Setelah itu akan muncul loading konfigurasi IP dan DHCP, tekan cancel sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah.

autoconfiguration failed and continue

Jika sudah muncul tampilan “autoconfiguration failed” seperti gambar diatas tekan Continue. Kemudian jika muncul tampilan lain dan pilih “Do not configure the network at this time”.

7. Kemudian akan muncul tampilan pengaturan user dan password, dan ikuti saja langkah langkah ini sesuai keinginan sobat masing-masing seperti pilih, isi dan enter sesuai yang ada digambar dibawah. Isikan root password, full name, username, dan password non-root sesuai keinginan hati sobat.

Masukkan Nama Host
Masukan Nama Host Sobat 
Masukkan Root Password
Beri password sesuai keinginan sobat
Masukkan Nama User Baru
Masukkan  nama lengkap untuk user baru
Vertify Password
Masukkan kembali password yang sobat buat tadi
Nama untuk account user
Berikan Username untuk akun sobat pada debian server yang digunakan untuk login
Password untuk account
Berikan password untuk akun yang digunakan untuk login
Vertify Password
Masukkan ulang password yang sobat buat

8. Nah, Setelah langkah langkah diatas selesai, maka kita akan berlanjut ke bagian disk partitioning. Supaya mudah, ikuti saja langkah langkahnya seperti gambar dibawah ini.

Pilih paling atas sendiri pada partition disk
Pilih Guided - use entrie disk
Enter pada SCS
Tekan Enter
All Files In One Partition untuk user baru
Pilih All Files In One Partition yang disarankan untuk user baru
Akhir dari partition disk
Pilih Finish Partition dan tekan Enter
Persetujuan penggantian partisi
Pilih YES lalu Enter

9. Setelah selesai proses mem-partisikan, maka akan muncul tampilan loading “Formatting Partition”. Tunggulah sampai selesai dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Configure the package manager

Pada bagian ini, pilih “No” untuk melanjutkan proses instalasi tanpa melakukan proses scanning DVD yang lainnya. Untuk menyingkat waktu instalasi, pilihlah “No”. Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. 

Configure the package manager

Untuk bagian yang satu ini, kita pilih “No” karena kita tidak menggunakan ‘Network Mirror’ saat instalasi Linux Debian ini. Dan kemudian, akan muncul seperti gambar dibawah ini. Pilih “No” saja karena untuk menyingkat waktu.

Konfigurasi popular contest

10. Nah, Setelah itu, maka akan muncul tampilan untuk memilih aplikasi apa saja yang akan langsung di instal ketika instalasi Debian. Untuk membuat tampilan Debian dalam basis teks, maka pilihlah “Standard system utilities” seperti gambar dibawah supaya proses instalasi tidak berjalan terlalu lama.

Pemilihan software yang akan diinstal


11. Jika sudah, maka akan muncul tampilan loading “Select and Install Software”. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, di bagian ini pilih saja “Yes” untuk menginstal “GRUB Boot Loader” karena itu adalah bagian penting dari Debian ini. GRUB Boot Loader digunakan untuk booting pada sistem operasi Linux Debian. (Lihat gambar dibawah)

Instal Grub boot loader

12. Lalu tunggu loading instalasi GRUB Boot Loader sampai selesai. Kemudian akan ada perintah untuk mengambil DVD Debian yang digunakan saat instalasi. Ambil DVDnya lalu pilih “Continue” untuk melanjutkan ke finishing instalasi Debian. Setelah proses instalasi sistem operasi Linux Debian selesai, maka akan muncul sepert ini. (Lihat gambar dibawah)

Perintah pengambilan DVD installer


13. Setelah muncul tampilan seperti tadi, kemudian PC akan me-reboot dengan sendirinya. Tunggu proses reboot selesai, dan proses instalasi sistem operasi Linux Debian selesai. Jika sudah selesai, tampilannya akan jadi seperti ini.

Tested By: VirtualBox

Sistem Operasi Linux Debian 7 Wheezy Telah Terinstal Di Komputer sobat. yeyeye ..., nah itulah tutorialyang bisa kami bagikan saat ini, semoga artikel ini dabat membantu sobat semua ya. 
Advertisement
Previous
This Is The Oldest Page