Pengertian Lengkap Tentang Internet Service Provide (ISP)

Pengertian Lengkap Tentang Internet Service Provide (ISP)
Pengertian Lengkap Tentang Internet Service Provide (ISP)
Kali ini kami akan mengajak sobat semuanya untuk kembali membahas artikel mengenai jaringan ya!? hehehe yaitu tentang ISP. Apa ISP Itu ? Langsung saja kita simak !

ISP

A. DEFINISI ISP

Pengertian ISP
Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.

Fungsi ISP
Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses, kita cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem. Lalu, ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.


B. ISP DAN LAYANANYA

Jenis-jenis Layanan yang diberikan oleh Internet service Provider (ISP)

1. Dial up
Dial up adalah layanan untuk pengguna yang mengakses internet melalui telepon yang didukung oleh modem, misal : personal dial up, LAN dial up ISDN dll.

2. Mobile access
Mobile access adalah sebuah layanan untuk akses internet yang bisa didapat dengan mudah melalui telepon seluler. Layanan ini bermanfaat untuk pengguna telepon seluler yang mendukung teknologi ini.

3. Hotspot
Hotspot adalah jenis layanan internet untuk pengguna yang memerlukan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu, misal : bandara,cafe, sekolah, kantor, dll.

4. Wireless
Wireless adalah jenis layanan internet yang menggunakan teknologi tanpa kabel. dalam layanan ini memiliki kelebihan terkoneksinya komputer pengguna dengan jaringan internet 24 jam dalam 7 hari seminggu. disamping itu, biaya tagihannya hanya biaya koneksi internet saja,tanpa dengan biaya telepon. 


C. PERSYARATAN-PERSYARATAN SEBUAH ISP

(1) memiliki SDM yang handal & mengetahui teknik / servis Internet,
(2) mentargetkan pada segmen pasar yang masih kosong, 
(3) harus dapat membuktikan dalam waktu 12 bulan bahwa ISP tersebut mampu di operasikan dengan baik

Nah sob, selain itu juga ada syarat/kelengkapan yang wajib loh, antara lain :
(a) Akta pendirian perusahaan; 
(b) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); 
(c) pengesahan pendirian perusahaan; 
(d) profile perusahaan; 
(e) rencana usaha (bisnis plan); 
(f) konfigurasi dan data teknis perangkat yang akan digunakan.


D. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PADA ISP

-Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
-Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
-Menyediakan modem untuk dial-up.
-Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
-Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
-Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
-Memberi tempat untuk homepage.
-ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.


E. PEKERJAAN TEKNISI MEJA BATUAN 

HELP DESK
ISP teknisi help desk memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki masalah dan mendapatkan pengguna terhubung. ISP teknisi help desk memberikan solusi untuk masalah pelanggan dengan tujuan optimalisasi jaringan dan retensi pelanggan. 

ISP membantu Teknisi-Teknisi Meja tulis mempunyai Pengetahuan Dan pengalaman untuk Artikel menentukan / memperbaiki permasalahan Dan mendapat para Pemakai dihubungkan. ISP membantu Teknisi-Teknisi Meja tulis menyediakan Solusi-Solusi kepada permasalahan pelanggan Artikel Baru gol Dari optimisasi Jaringan Dan ingatan pelanggan. 

Sebuah tim help desk yang baik memastikan bahwa masalah diselesaikan dengan cepat dan untuk kepuasan pelanggan. Memberikan layanan Internet adalah bisnis yang sangat kompetitif, dan layanan yang buruk dapat menyebabkan ISP kehilangan pelanggan untuk ISP bersaing. 

Nah, itulah artikel kali ini yang bisa kami sampaikan, semoga dapat membantu menambah pengeetahuan kepada sobat semuanya. Terimakasih~
Advertisement