Cara Install Apache Web Server Pada Debian Server

Cara Install Apache Web Server Pada Debian Server
Cara Install Apache Web Server Pada Debian Server
Setelah sebelumnya kita bahas tentang  Instalasi Sistem Operasi Linux Debian dan melakukan Konfigurasi Alamat IP untuk komputer server dan client agar bisa saling terhubung, sekarang yang kita bahas adalah cara menambahkan service pada Debian Server. Service yang akan kita instal untuk kali ini adalah Web Server dengan aplikasinya yang disebut Apache Web Server. Untuk menginstal apache web server ini sangat mudah. Nah, langsung saja kita mulai instalasinya.

1. Nyalakan PC yang sudah terinstal Debian Server dan sudah terkonfigurasi alamat IPnya. Kemudian, masukkan DVD 1 ke komputer Debian Server. Jika sudah, ketikkan “apt-get install apache2” seperti gambar dibawah untuk menginstal web server dengan aplikasi apache.

(Jika gambar kurang jelas, silahkan klik gambar untuk melihat lebih jelas)


Jika DVD sudah dimasukkan dan sudah mengetikan perintah seperti yang ada pada gambar tadi,  tekan “enter” untuk mulai menginstal Web Servernya.

Gambar dibawah ini adalah tanda bahwa proses instalasi apache web server telah mulai berjalan.

2. Setelah proses instalasi Apache web server selesai, kita bisa mengubah isi dari web server kita. Untuk mengubah isinya, ketikkan perintah “nano /var/www/index.html”. Lalu kita akan masuk pada bagian file html dari web server, disitu kita bisa mengubah tampilan isi sesuka hati kita. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini. 


3. Kemudian setelah mengubah tampilan isi dari web server, ktia harus merestart Apache agar perubahan tampilannya terpasang dengan baik. Untuk merestart Apache, kita cukup mengetikan perintah “service apache2 restart” lalu tekan “enter” dan Apache akan merestart. Setelah restart, maka akan muncul seperti ini tanda bahwa Apache berhasil direstart.


4. Jika sudah direstart, maka langkah terakhir yang dilakukan adalah pengujian pada Apache web server yang kita instal tadi. Caranya, buka web browser dari komputer client. Lalu untuk URL, masukkan alamat IP dari komputer server yang sobat buat sebelumnya. Sebagai contoh, lihat gambar ini.

Tested by VirtualBox

Nah,kurang lebihnya itulah cara mudah install apache di debian server. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu sobat semua. Terimakasih~

Advertisement