7 Penyebab Beserta Solusi Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot

7 Penyebab Beserta Solusi Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot
7 Penyebab Beserta Solusi Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot
Penggunaan PC/ Laptop pada saat ini memang telah menjadi trend dalam bekerja/ sekolah, karena dengan laptop itulah yang akan membantu dan mempermudah dalam membuat sesuatu. Seperti misalnya mengetik, membuat presentasi, browshing, dll. Tetapi bagaimana jika Laptop yang sobat gunakan tiba-tiba menjadi LEMOT ? Saya yakin pasti sobat akan merasa kesal. Maka dari itu saya akan sharing penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut agar laptop kembali menjadi lancar terkendali!

6 Penyebab Beserta Solusi Untuk Mengatasi Laptop Yang Lemot

1. Disebabkan Karena Virus Yang  Menyerang
Patutnya kita selalu memperhatikan, apakah perangkat laptop kita terkena hal-hal perusak atau tidak. Semisal virus yang mendadak menghinggap pada laptop seusai mengunduh file dari situs tidak resmi atau bahkan tertular dari Flashdisk teman sobat yang pernah dicolokkan di laptop sobat. Nah, hal ini harus segera ditindaki, karena akan lebih parah jika di diamkan saja atau bahkan virus itu bisa merusak sistem-sistem pada windows itu sendiri. Maka solusinya adalah dengan cara memasang antivirus dan kemudian membersihkan virus-virus tersebut melalui scanning pada aplikasi antivirus yang tersedia.

2. Disebabkan Karena Antivirus Terlalu Banyak
Menyikapi masalah pertama di atas, tentu tidaklah dengan cara memperbanyak antivirus di perangkat kita. Justru, memiliki antivirus dalam jumlah yang banyak akan merugikan. Sebaiknya sobat memilih satu aplikasi antivirus terpercaya dan diupayakan untuk yang premium. Tentu keamanan akan lebih mudah didapat. Jadi saran saya, silahkan gunakan antivirus maksimal 2 antivirus di laptop sobat. Dan jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirusnya.

3. Disebabkan Karena Banyaknya Software Yang Terinstall
Kelambatan ini juga bisa disebabkan karena banyaknya software-software yang sobat install di laptop sobat. Karena itu akan memenuhi harddisk pada laptop dan jika laptop sobat tidak kuat akan terjadi kelambatan atau bahkan akan terjadi hang. Jadi saran saya gunakan sotware seperlunya saja, jangan menginstall asal-asalan.

4. Disebabkan Karena Banyaknya Icon/ Shortcut Pada Desktop
Sepertinya terlihat sepele ya? Hanya dengan icon yang tak berbobot saja dapat melambatkan proses kinerja komputer/ laptop. Karena semua itu disebabkan karena setiap icon kan bergambar ya? Nah, saat sehabis dinyalakan atau setelah direfresh akan lemot, karena windows tidak mempu memproses gambar yang sangat banyak secara bersamaan. Jadi pasang icon secukupnya saja di desktop.

5. Disebabkan Karena Laptop Panas
Apabila sobat mengoperasikan laptop dalam jangka waktu yang lama, tentu yang akan terjadi adalah panas seketika pada bagian bawah bodi. Hal ini tidak kita duga bahwa akan berdampak pada kinerja prosesor. Terkadang, operasi laptop akan terasa lambat. Solusinya, berhetilah sejenak mengoperasikan laptop sobat, kurang lebih selama 12 jam agar keadaan perangkat laptop kembali seperti semula.

6. Disebabkan Karena Kapasitas Memori Kecil
Tanpa kita sadari pula, ternyata kapasitas memori pada suatu perangkat dapat mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Kita ambil satu contoh, apabila laptop memiliki spesifikasi RAM berukuran kecil, maka dapat dipastikan jika dipakai secara berlama-lama akan mengakibatkan kinerja laptop menurun. Dalam artian bahwa, laptop akan menjadi lambat ketika dioperasikan. Solusinya, sobat dapat menghapus file-file tidak penting dalam memori laptop sobat.

7. Disebabkan Karena Kotoran Atau Debu
Terkadang tanpa disadari juga, debu-debu yang berterbangan masuk disela-sela keyboard atau bahkan sampai kedalam mesin laptop. Nah, itu akan menyebabkan juga kelambatan kinerja suatu komputer/ laptop. Solusinya, jauhi tempat-temat kotor dan berdebu disaat pemakaian laprop kemudian lakukan juga pembersihan laptop secara rutin. Seminggu sekali mungkin atau terserah sobatlah, pokoknya jaga dalam/ luar laptop tetap bersih.

Nah, itulah beberapa masalah-masalah yang menjadi penyebab kelambatan sistem kerja windows pada komputer/ laptop. Semoga bermanfaat dan Terimakasih~
Advertisement