Latihan Dasar Mengganti Jenis Text Dengan Kode CSS

Latihan Dasar Mengganti Jenis Text Dengan Kode CSS
Latihan Dasar Mengganti Jenis Text Dengan Kode CSS
Pada pembahasan materi tentang CSS sebelumnya, kita sudah membahas dan mempelajari tentang bagaimana cara memberi warna text dengan kode CSS. Nah, sekarang kita akan lanjut ke materi selanjutnya tentang cara menambahkan jenis/ model text dengan menggunakan kode CSS. oke langsung saja ke materinya !

Latihan Dasar Mengganti Jenis Text Dengan Kode CSS Part 2

Untuk sebelumnya agar lebih paham, saya berikan dulu kode HTML dasarnya. Kode ini saya samakan dengan artikel sebelumnya saja ya !?

<HTML>
<HEAD>
</HEAD>
<BODY>

TEST : Saya sedang latihan <font color="red"><B>sesuatu</B></font> tentang CSS dasar !
<P>TUST : Oke kalau begitu, silahkan Sobat belajar <font color="blue"><I>sesuatu</I></font> !
<P><font color="red"><U>Selamat Belajar !</U></font>

</BODY>
</HTML>

Kode diatas merupakan kode HTML dasar yang belum diubah dengan kode CSS. Jika sobat belum paham dengan kode-kode dasar diatas, silahkan baca terlebih dahulu artikel sebelumnya DISINI !

Oke, jika sudah mengerti silahkan perhatikan baik-baik kode dibawah ini !


<HEAD>

          <STYLE TYPE="text/css">
               B,U { color : redfont-family: Arial }
               I { color : blue; text-decoration: italic; font-family: Forte }
          </STYLE>

</HEAD>
<BODY>

TEST : Saya sedang latihan <B>sesuatu</B> tentang CSS dasar !
<P>TUST : Oke kalau begitu, silahkan Sobat belajar <I>sesuatu</I> !
<P><U>Selamat Belajar !</U>

</BODY>
</HTML>

Catatan !
  1. Untuk kode yang saya garis miring merupakan kode yang berfungsi sebagai perintah untuk memberi warna pada text yang ditentukan. Seperti contoh diatas, saya hanya memberi warna merah/ red hanya dibagian tex yang saya jepit dengan kode <B>text</B> dan <U>text</U> !
  2. Untuk kode yang saya garis bawahi merupakan kode yang berfungsi sebagai perintah  dekorasi text. Seperti contoh diatas saya memberi perintah untuk membuat text tertentu menjadi miring atau bisa juga disebut dengan ITALIC.
  3. Kemudian kode yang saya tebalkan merupakan kode yang berfungsi sebagai perintah untuk mengubah jenis text. Jadi sobat bisa merubah dengan text-text yang sobat kehendaki. Seperti contoh diatas, saya menggunakan jenis text Arial dan Forte

Nah, itulah cara mengganti jenis text dengan menggunakan kode CSS. Untuk mengetesnya sobat bisa mencobanya di notepad, dreamweaver, atau aplikasi lainya, bahkan di template blog saja juga bisa. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih~ 
Advertisement