Pengertian Beserta Sejarah Bahasa C

 Pengertian Beserta Sejarah Bahasa C
 Pengertian Beserta Sejarah Bahasa C
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bahasa yang mungkin bukan bahasa manusia, tetapi bahasa pemrograman yang jauh dari bahasa manusia tetapi sama pemikiranya yaitu dengan logika manusia. Tetapi yang akan kita bahas adalah tentang sejarahnya dulu beserta kelebihan dan kekuranganya. Oke langsung saja ke materinya !


Sejarah 

Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970.

Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Kemudian Bahasa C pertama kali digunakan di computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX. Hingga saat ini penggunaan bahasa C telah merata di seluruh dunia. Bahkan Hampir semua perguruan tinggi di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrograman populer seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar yang mirip bahasa C. Oleh karena itu, kita juga sangat perlu mempelajarinya.

Nah, kemudian ada juga kelebihan dan keunikan bahasa C ini, antara lain :

♦  Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer.
♦  Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer.
♦  Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci.
♦  Proses executable program bahasa C lebih cepat.
♦  Dukungan pustaka yang banyak.
♦  C adalah bahasa yang terstruktur.
♦  Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah.

Kemudian juga pastinya ada kekurangan dan kelemahanya dong, yaitu :

♦  Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang 
membingungkan pemakai.
♦  Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

Kurang lebihnya itulah cerita tentang sejarag bahasa C ini beserta dengan kelebihan dan kekuranganya. Semoga menjadi manfaat untuk sobat semua. Terimakasih~
Advertisement