Tips Mencegah Kerusakan pada Keyboard Laptop

Tips Mencegah Kerusakan pada Keyboard Laptop
Tips Mencegah Kerusakan pada Keyboard Laptop
Kali ini yang akan menjadi pembahasannya adalah masalah pada keyboard laptop/ notebook. Sering sekali kita sebagai pengguna laptop tidak memperhatikan kesehatan laptop dari segi kebersihanya, karena jika laptop kotor akan menimbulkan efek pada kerusakan pada mesin dan komponen pada laptop. Nah, jadi kita harus menjaga benar-benar kebersihan laptop kita. Kembali ke topik yak, pada keyboard laptop sering mengalami kerusakan, seperti :

  1. Salahsatu tombol tidak berfungsi
  2. Tombol pada keyboard sudah aus atau tidak kokoh lagi
  3. Tombol sering menekan dengan sendirinya, dan
  4. Tombol tidak berfungsi sama sekali

Kerusakan diatas biasanya bisa terjadi, karena :

  1. Kurangnya kebersihan pada laptop, terutama pada keyboard
  2. Sering digunakan untuk bermain game, dan keyboard akan menjadi aus
  3. Umur laptop atau keyboard sudah tua

Nah, lalu bagaimana sih caranya untuk menghindari hal-hal seperti diatas? dan agar keyboard tetap normal dan sehat? Oke disini saya akan berbagi tips kepada sobat semua.

Rajin membersihkan keyboard laptop/ notebook

membersihkan keyboard laptop/ notebook

Karena dengan adanya upaya untuk menjaga kebersihan pada laptop terutama pada keyboard, pasti akan mengurangi adanya kotoran yang akan masuk kedalam rongga-rongga keyboard.

Menggunakan karet penutup keyboard

karet penutup keyboard

Dengan menggunakan karet penutup keyboard, akan menghalangi debu yang akan masuk ke sela-sela/ rongga pada keyboard, sehingga keyboard akan terhindar dari ancaman kerusakan yang disebabkan karena debu. Oke tetapi ada satu catatan sob ! Jika laptop sobat sudah terlihat tua, misal sudah 10 tahunan dipakai, maka saya sarankan untuk tidak usah memakai karet penutup keyboard. Karena malah akan menyebabkan kerusakan yang lain. Loh kok bisa sih? Bisa, karena jika laptop sudah tua pasti pada jalur udara yang keluar sudah mulai tertutup oleh debu-debu yang mungkin tidak kita ketahui saat membersihkan. Lalu udara pasti akan mencari jalan keluar lainyam seperti melewati rongga-rongga pada keyboard. Nah, jika keyboard sudah ditutup dengan karet penutup tadi, terus udara mau keluar darimana dong? Tentu saja tidak akan bisa keluar, dan akan mengembun dan menyebabkan konsleting pada keyboard atau mengering dan menjadi debu lalu menutupi sensor pada keyboard.

Seringlah menggunakan laptop/ notebook

menggunakan laptop/ notebook

Nah, dengan sring-sering kita menyalakan dan menggunakan laptop akan membantu membersihkan debu-debu yang ada didalam rongga-rongga pada keyboard.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada sobat semua, dan semoga sedikit tips diatas dapat membantu sobat semuanya. Terimakasih~ 
Advertisement