7 Tips Keamanan Jaringan Komputer

7 Tips Keamanan Jaringan Komputer
7 Tips Keamanan Jaringan Komputer
Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semuanya untuk membahas tentang sebuah tips pada keamanan jaringan komputer. Terkadang tindak kejahatan dan ulah nakal para hacker itu sangatlah merugikan kita sendiri, entah dalam membobol dan memasukkan virus ke komputer, atau melalui spamming. Okelah langsung saja sob untuk membahas tips agar jaringan dan komputer tetap aman !

Keamanan Jaringan Komputer

Keamanan Jaringan Komputer

1. Gunakan antivirus dan antispam
Tujuan penggunaan antivirus yaitu untuk mendeteksi, mengamankan, melindungi, dan menghapus virus-virus yang bersifat mengganggu bahkan merusak sistem pada komputer. Kemudian untuk antispam gunanya untuk melindungi dari tindakan-tindakan nakal seperti spamming melalui email pada saat kita online menggunakan komputer, melalui sebuah website, dll. Spam dapat diartikan mengirimkan pesan secara bertubi-tubi.

2. Update selalu patch, hot fix, bug fix, dalam perangkat lunak OS pada aplikasi
Nah, ini sangat penting sekali untuk keamanan komputer sobat. Lakukan update rutin agar fitur-fitur berkembang dan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hotfix adalah Sebuah paket aplikasi yang berisi beberapa file dan dipakai untuk menangani masalah yang terjadi pada sebuah produk software (bug). Biasanya, hotfix dibuat untuk pengguna software tertentu dan tidak bisa didistribusikan di luar penggunanya. Dalam konteks Microsoft Windows, hotfix adalah patch kecil yang dipakai untuk menangani masalah tertentu, biasanya berupa lubang keamanan.

3. Gunakan Firewall untuk mencegah serangan dari internet
Terdapat beberapa tujuan penggunaan firewall, antara lain :
  1. Firewall biasanya digunakan untuk mencegah atau mengendalikan aliran data tertentu. Artinya, setiap paket yang masuk atau keluar akan diperiksa, apakah cocok atau tidak dengan kriteria yang ada pada standar keamanan yang didefinisikan dalam firewall. 
  2. Untuk melindungi dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN). 
  3. Penggunaan firewall yang dapat mencegah upaya berbagai trojan horses, virus, phishing, spyware untuk memasuki sistem yang dituju dengan cara mencegah hubungan dari luar, kecuali yang diperuntukan bagi komputer dan port tertentu. 
  4. Firewall akan mem-filter serta meng-audit traffic yang melintasi perbatasan antara jaringan luar maupun dalam.” 

4. Gunakan Account Admin hanya untuk keperluan tertentu saja. Jangan menggunakan account admin atau superuser untuk keperluan/ pekerjaan sehari-hari
Loh kenapa harus gitu min? Begini lho sob, jika misalkan sobat menggunakan account admin secara terus menerus dan diluar kepentingan, contohnya sobat membuka setiap hari dirumah, warnet, dan kantor. Nah, kan seharusnya admin digunakan dikantor saja, tetapi sobat menggunakanya di rumah dan di warnet, apakah keamanan account bisa terjamin ? Belum tentu sob, karena diluar pengetahuan kita para hacker sudah menemukan jejak dan mengintip dimana saja account tersebut diakses, dan kemungkinan besar akan terkena bobolan dan habislah sudah. Jadi, gunakan saja untuk keperluan penting saja sob.

5. Aktifkan penggunaan password yang kompleks, dan penggunaan password yang rumit dapat membantu keamanan jaringan kita
Gunakanlah sandi yang rumit sob, karena dengan cara tersebut dapat membantu untuk mengamankan account sobat dari tindakan pembobolan.

6. Gunakan ACL (Access Control List)
Gunakan ACL tersebut sob. Lalu, apa sih ACL itu? Access list adalah pengelompokan paket berdasarkan kategori. Access list bisa sangat membantu ketika membutuhkan pengontrolan dalam lalu lintas network. access list menjadi tool pilihan untuk pengambilan keputusan pada situasi ini. Kemudian juga berguna untuk mencegah akses ke setiap data. Untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses objek yang ada didalam sistem.

7. Melakukan back up secara rutin
Nah, sering-seringlah sobat untuk melakukan back up data secara rutin, agar data tetap aman, jika semisal ada kejadian yang tidak diinginkan terhadap komputer sobat.

Kiranya itulah tadi beberapa tips dalam suatu keamanan jaringan, semoga dengan tips diatas komputer sobat akan meningkat keamananya. Terimakasih~
Advertisement