Inilah Cara Memilih Flashdisk Baru dengan Benar

Inilah Cara Memilih Flashdisk Baru dengan Benar
Inilah Cara Memilih Flashdisk Baru dengan Benar
Kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas sebuah tips tentang bagaimana sih cara memilih ketika membeli flashdisk yang baru? Nah, sebelumnya akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu flashdisk. Jadi, Flashdisk atau USB Flash Drive ialah alat penyimpanan data dengan memori kilat tipe NAND yang mempunyai alat penghubung USB yang saling terintergrasi. Hampir semua orang memilikinya, dikarenakan banyak yang membutuhkannya. Namun dengan melihat kebutuhan manusia yang kian banyak akan flashdisk ada juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab telah memalsukan flash disk, dan pastinya kualitas yang palsu jauh beda dengan flashdisk asli yang bagus. Maka dari itu jangan sampai kita harus mengeluarkan budget terus-menerus karena baru sebentar flashdisk kita sudah rusak, karena itu saya akan memberikan sebuah tips dan solusi kepada sobat semua!

Inilah Cara Memilih Flashisk Baru dengan Benar :

1. Perhatikan Kekuatan Casing Flashdisk
Terkadang kita mengacuhkan kekuatan casing pada flashdisk bukan? Ya, mungkin karena pasti kita memilih casing flashdisk yang menarik dan terlihat cantik. Jadi kita harus terlebih dahulu mempertimbangkan dan mengecek kekuatan casingnya sob, karena kekuatan casing menjadi paling utama jadi casing flashdisk tidak akan mudah lepas bahkan patah. 

2. Pilih Ukuran Casing Flashdisk yang Pas
Selain dari memperhatikan kekuatan casing, kita juga harus memperhatikan ukuran casingnya sob, terutama pada ukuran lubang pada tancapan flashdisk sehingga tidak akan berbenturan/ susah masuk pada port USB. Selain itu juga lebih baik memilih flashdisk yang ramping agar mudah dibawa dan mudah pula ditancapkan pada port USB.

3. Penutup Flashdisk
Kemudian Pilihlah tutup yang menyambung pada bagian badan flashdisk. Dengan seringnya dibuka dan ditutup flashdisk akan menyebabkan bagian tutup mudah longgar, sehingga tutup flashdisk yang tidak tersambung dengan badan casing akan hilang karena sudah lama dipakai. Jadi sob, apabila flashdisk yang tutupnya hilang kemudian tak disengaja terkena air, tunggu dulu sampai kering sob baru boleh dicolokkan.

4. Perhatikan Merek Flashdisk
Langkah awal dalam mencari informasi dari suatu produk ialah tentukan merek sob. Saat ini telah banyak merek flashdisk yang dipasarkan.dalam mencari informasi merek flashdisk yang terbaik kunjungilah situs resmi atau bacalah review flashdisk di forum online. Kemudian pilihlah merek flashdisk yang direkomendasikan oleh anggota forum, biasanya produk yang direkomendasikan berdasarkan pengalaman mereka masing-masing.

5. Harga Flashdisk dan Kapasitas Penyimpanan Flashdisk
Harga merupakan suatu hal yang vital saat ini, karena tingkat ekonomi pada setiap orang berbeda-beda. Banyak yang tergiur dengan harga yang relatif murah namun ia bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang besar. Sebenarnya hal itu bisa menjadi salah satu kelemahan dalam membeli flashdisk. Harga yang murah dengan kapasitas yang besar tidak menjamin flashdisk dapat bertahan lama. Sebagian besar flashdisk yang berhargakan murah itu merupakan hasil bahan tiruan (Palsu).

6. Perhatikan Kemampuan Menyimpan dan Membaca Data
Kemampuan setiap flashdisk dalam kecepatan transfer data berbeda-beda jika dilihat dari sisi merek dan besarnya kapasitas. Maka sebelum membeli ketahuilah terlebih dahulu kecepatan transfer data flashdisknya. 

7. Perhatikan Kondisi Fisik Flashdisk
Fisik dari flashdisk juga perlu kita perhatikan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terkena percikan air, benturan, dan lain-lain. Carilah flashsdisk dengan kualitas bahan serta bentuk yang kokoh. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya benturan atau flashdisk tidak sengaja terjatuh. Berdasarkan pengalaman saya, fisik flashdisk yang terbaik ialah flashdisk yang memakai lapisan luar berbahan karet tetapi tetap pilihlah yang ramping.

8. Keaslian Flashdisk
Ketika membeli sebuah flashdisk pastikan produk tersebut asli, belilah flashdisk pada toko yang kamu percaya dan jangan sekali-kali tergiur dengan harga yang murah. Cara membedakannya sebenarnya gampang, biasanya yang asli ada tulisan di ujung atau body yang ditulis dengan menggunakan laser, Seperti gambar dibawah :

Contoh Flahdisk Asli
(Bertuliskan Merek dan Kode-kode yang tidak terlalu jelas)

Contoh Flashdisk Palsu

Jadi kuranglebihnya seperti itu sob, semoga apa yang saya sampaikan diatas setidaknya dapat membantu sobat semua dalam memilih flashdisk. Intinya jangan mematokkan pada harga dan segi visual saja sob, sobat harus ikuti tips yang telah saya sampaikan diatas. Terimakasih~
Advertisement