Tips Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi

Tips Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi
Tips Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi
Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang cara menstabilkan dan mempercepat kinerja wireless/WiFi. Mungkin terkadang sobat merelakan untuk berpindah-pindah tempat demi mendapatkan sinyal WiFi. Oke, itu merupakan cara yang cukup merepotkan dan melelahkan tentunya. Maka disini saya akan berbagi tips kepada sobat semua dalam menstabilkan sinyal dan mempercepat akses koneksi pada WiFi.

Tips Ampuh untuk Mempercepat Koneksi WiFi

#Tips Untuk Pemasang WiFi
Pertama saya akan memberikan tips bagi sobat yang memasang WiFi sendiri, dirumah atau di kantor. Nah, disitu yang harus sobat perhatikan dan lakukan adalah :

1. Pastikan Pemancar Nirkabel (Access Point) Dekat dengan Jangkauan Pengguna
Jadi dalam pemasangan Access Point nya harus berdekatan dengan pengguna, atau sobat harus memastikan lokasi Access Point berada di tengah-tengah daerah jangkauan para pengguna. Kenapa harus begitu? Ya, karena hal ini penting sob. Jadi, ketika pemancar diletakkan di tengah-tengah daerah jangkauan, maka sinyal WiFi akan dibagi secara sama rata kepada semua perangkat yang berhubungan ke pusat Acces point tersebut. Selain itu, hindarilah penempatan Access Point pada dinding yang menghadap ke luar luar kawasan penggunaan (rumah/ kantor), hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya risiko invasi sinyal nirkabel oleh pengguna luar.

2. Perhatikan Posisi Pemancar Nirkabel (Access Point) Sobat dengan Benar
Dalam pemasangan pemancar, usahakan untuk memasang dalam posisi vertikal sob. Kenapa harus seperti itu? Jadi begini sob, Jangkauan gelombang yang dikirim oleh transmisi nirkabel akan dikeluarkan secara menjajar sesuai dengan radius yang didukung oleh frekuensi gelombang. Selain itu gunakanlah antena yang memiliki gain yang tinggi, sehingga hanya dapat mentransmisikan gelombang pada satu arah saja dan hal tersebut dapat membantu dalam mempercepat koneksi WiFi

3. Letakkan Pemancar Pada Ketinggian
Jika sobat lihat pada gedung besar di kota, caffe, sekolah, kemudian di bandara, dll. Maka, akan terlihat ada pemancar nirkabel yang berdekatan dengan langit-langit bangunan. Karena pemasangan antena pada ketinggian akan dapat membantu dalam mengoptimalkan jangkauan gelombang. Tetapi usahakan antena tidak diletakkan di dalam ruang tertutup sob, seperti didalam lamari dan rak.

4. Hindari Peralatan yang Dapat Mengganggu Sinyal WiFi
Nah, ini yang paling penting sob. Jadi hindarilah penempatan pemancar nirkabel berada di dekat peralatan yang memiliki frekuensi tinggi seperti televisi, telepon wireless, oven microwave  dan peralatan besi lainya, kemudian kaca dan jug peralatan yang menggunakan banyak energi listrik seperti lemari es. Kenapa seperti itu? Ya, karena peralatan tersebut bisa mengurangi atau menghalangi jangkauan gelombang untuk menembusnya. Maka dari itu jauhkanlah dari alat-alat yang mengganggu tersebut. Alangkah baiknya taruh saja pada langit-langit bangunan agar terhindar dari benda-benda tersebut, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.

5. Melakukan Konfigurasi Pemancar
Masih kurang puas dengan cara diatas? Oke, masih ada cara lagi kok, yaitu dengan memperbarui terlebihdahulu firmware pemancar dan melakukan konfigurasi sendiri pada pemancar seperti konversi kanal menambahkan penguat sinyal WiFi/Booster WiFi (TX-boost).

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

#Tips Untuk Pengguna WiFi
Kemudian yang kedua saya akan memberikan beberapa tips bagi pengguna WiFi. Biasanya sebagai pengguna terkadang kebingungan ketika susah untuk mendapatkan sinyal WiFi tersebut. Maka dari itu simak tips berikut :

1. Dekatilah Sumber Sinyal WiFi
Cara pertama yang bisa sobat lakukan yaitu dengan mendekati pemancar nirkabel tersebut. Karena semakin dekat jaraknya maka semakin cepat pula sinyal yang akan sobat dapatkan.

2. Hindari Bangunan Penghalang
Jadi usahakan sobat tidak dihalangi dengan bangunan yang dapat mempersulit jalanya sinyal, seperti tembok, atau mungkin benda yang terlalu besar dan padat. Karena itu dapat memperlambat bahkan menghambat sinyal-sinyal yang akan sobat dapatkan. Maka usahakan jarak sobat dan pemancar nirkabelnya pada tempat yang lapang.

3. Gunakan Aplikasi
Masih kurang puas dengan cara diatas? Oke, masih ada cara lain kok dengan menggunakan cara sedikit nakal yaitu menggunakan aplikasi penguat sinyal yang dapat sobat cari di mbah google atau rekan sobat sendiri. Tetapi untuk akibatnya ditanggung sendiri yak, hihihi.

Jadi itulah beberapa tips dan cara dalam memperkuat sinyal WiFi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih~
Advertisement