Cara Membuat Bootable di Flashdisk Menggunakan Rufus

Cara Membuat Bootable di Flashdisk Menggunakan Rufus
Cara Membuat Bootable di Flashdisk Menggunakan Rufus
Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang cara membuat bootable windows di flashdisk dengan menggunakan rufus. Apa itu rufus? Rufus merupakan sebuah aplikasi kecil yang dirancang untuk melakukan format dan membuat USB bootable pada media USB seperti pendrive, memory stick, dan lain-lainnya. Rufus juga dapat digunakan pada saat kita ingin membuat bootable USB untuk instalasi sistem operasi Windows atau Linux. Mungkin instalasi windows atau linux menggunakan flashdisk sangatlah dimnati banyak orang, karen lebih simpel dan safety. Karena menggunakan flashdisk juga lebih multifungsi atau bisa untuk apa saja dan dimana saja. Loh CD/DVD kan bisa dibawa kemana saja to mas? Maksud saya begini sob, kalau kita menggunakan flashdisk kita bisa gunakan untuk menginstall OS di notebook. Karena notebook tidak memiliki DVD room, memang bisa kita menggunakan DVD room eksternal tetapi malah tambah ribet. Oiya rufus sendiri bisa kita gunakan untuk membuat bootable windows maupun linux sob.  Oke langsung saja untuk menuju tutorialnya!

Langkah pertama yang harus sobat perhatikan adalah pastikan flashdisk yang akan digunakan kosong, kemudian persiapkan file ISOnya sebelum memulai membuat bootable. Oke jika sudah lanjutkan sesuai instruksi dibawah :

1. Pastikan sobat sudah memiliki software rufus. Jika belum punya silahkan download gratis disini. (Khusus pengguna windows 8 dan 10, silahkan download rufus versi terbarunya agar software berjalan lancar saat digunakan).
2. Colokkan flashdisk yang akan digunakan untuk bootable ke usb port laptop/pc.
3. Perhatikan gambar dibawah!

Cara Membuat Bootable di Flashdisk Menggunakan Rufus
  • Pada nomor satu akan terdeteksi nama flashdisk sobat, jika belum sesuaikan terlebih dahulu.
  • Kemudian pada nomor dua tekan gambar CD, lalu cari letak ISO yang akan sobat rufus. Kemudian double klik/ open untuk memilihnya.

4. Jika sudah sesuai langsung saja klik start untuk memulai proses.
5. Silahkan tunggu proses yang mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama. Semakin lama ukuran file semakin lama juga prosesnya sob.
6. Klik OKE pada saat ada peringatan bahwa flasdisk akan di format dan diproses.
7. Jika sudah ada tulisan ready seperti gambar dibawah, kemudian klik close dan flashdisk siap untuk dipakai.

Cara Membuat Bootable di Flashdisk Menggunakan Rufus

Nah, mungkin sekian dulu sob yang bisa saya bagikan kepada sobat semua, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar. Semoga tutorial ini membantu sobat semua dan saya ucapkan Terimakasih~
Advertisement