Macam-macam Jaringan Pada Komputer

Macam-macam Jaringan Pada Komputer
Macam-macam Jaringan Pada Komputer
Hai sobat Komshare8 kali ini saya akan memberikan informasi kepada sobat mengenai Macam-macam Jaringan Pada Komputer. Pada umumnya jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan ukuran, kecepatan transfer data dan jarak jangkauannya, karena seperti kita ketahui jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang dapat menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya untuk berbagi informasi umum maupun informasi penting yang biasa digunakan oleh perusahaan. Sementara itu ada beberapa jenis dan macam-macam dari jaringan komputer itu sendiri, agar lebih jelas informasinya silahkan sobat simak baik-baik informasi yang sudah KomShare8 sediakan untuk sobat.


1. LAN
LAN (Local Area Network) merupakan sekelompok komputer yang memiliki organisasi yang sama dan terkait dalam wilayah geografis yang sama yaitu dengan menggunakan jaringan. Jaringan ini hanya memiliki jangkauan kurang lebih hanya 100 meter yang biasa disebut dengan ciri khas jaringan untuk perusahaan dimana dalam perusahaan kebanyakan menggunakan jaringan LAN dalam memanfaatkan berbagi fasilitas data rahasia milik perusahaan tertentu.

2. MAN
MAN (Metropolitan Area Network) dimana jarak jangkauannya lebih besar dari pada LAN yaitu 10 sampai dengan 50 kilometer, dan biasanya jaringan MAN ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang. Namun cabang-cabang dari perusahaan tersebut masih di dalam satu kawasan kota.

3. WAN
WAN (Wide Area Network)  yaitu jaringan komputer yang memiliki jarak antara benua dengan melewati batas geografis dari sebuah negara dengan negara lainnya.

4. Internet (Interconnected Network)
Internet merupakan jaringan komputer yang memiliki kemampuan untuk menjangkau seluruh kawasan yang berada di dunia, dan hal ini sering sekali dimanfaatkan untuk berbagi informasi menarik secara global yang meliputi teknologi, informasi, pendidikan dan masih banyak lagi hal yang dapat dimanfaatkan dari Internet ini.

5. Wireless
Jaringan komputer ini merupakan jaringan yang paling simple + praktis karena jaringan ini tidak membutuhkan kabel sama sekali, dan tipe jaringan inilah yang disebut dengan Wireless dimana di dalam sebuah pengoperasiannya cuma mengandalkan teknologi frekuensi radio saja. Dan biasa disebut juga dengan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wifi.

Demikianlah informasi yang dapat KomShare8 berikan untuk sobat tentang Macam-macam Jaringan Pada Komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang sedang belajar memahami tentang jaringan komputer, kurang lebihnya mohon maaf dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya sobat.
Advertisement