Tutorial Cara Install Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar

Tutorial Cara Install Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar
Tutorial Cara Install Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar
Apakah sobat tau apa itu Ubuntu? Ubuntu adalah salah satu distro yang dialamnya terdapat system operasi linux, dan Ubuntu sendiri juga mempunyai turunan dari distro lain pada umumnya yaitu Debian. Pada saat ini Ubuntu telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu versi 15.04 yang diluncurkan pada tahun 2014 tepatnya di bulan ke 4 (empat).

Ubuntu versi 15.04 ini sudah mengalami banyak sekali perubahan terutama dari segi tampilan, apabila sobat KomShare8 mau mencoba system operasi Ubuntu versi 15.04 ini sobat bias mendownloadnya terlebih dahulu di sini. Lalu Bagaimana Langkah Selanjutnya Untuk Menginstall Ubuntu Versi 15.04? Jangan khawatir sobat, karena pada pertemuan kali ini KomShare8 akan memberikan Tutorial Lengkap Cara Menginstall Ubuntu Versi 15.04.


Cara Menginstall Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar


  1. Langkah pertama sobat masukkan terlebih dahulu CD/DVD master Ubuntu versi 15.04
  2. Pastikan CD/DVD sobat dapat terbaca dengan baik
  3. Restart komputer/laptop milik sobat
  4. Langkah selanjutnya sobat masuk ke pengaturan BIOS terlebih dahulu, lalu sobat pilih menu BOOT, dan tempatkan pada CD/DVD pada posisi Booting pertama diatas. Kemudian sobat simpan.
  5. Dan biarkan komputer/laptop sobat me-restart secara otomatis, dan tunggu proses selanjutnya
  6. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah sobat pilih bahasa yang akan digunakan pada saat proses penginstalan berlangsung, agar sobat memahaminya nanti saran dari KomShare8 sebaiknya sobat menggunakan bahasa inggris. Jika sudah silahkan sobat klik install Ubuntu.
  7. Selanjutnya untuk tahap ini sobat tidak perlu merubah apapun, dan sobat bisa langsung klik Continue saja untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  8. Pada bagian ini sobat akan disuguhkan dengan sebuah opsi 2 pilihan, agar lebih mudah sobat pilih opsi kedua saja Something Else, tetapi biasanya pada opsi pilihan kedua ini nantinya sobat akan membuat partisi pada harddisk dulu dan dilakukan secara manual, selanjutnya sobat klik Continue.
  9. Dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini yang nantinya sobat akan membuat sebuah partisi baru pada harddisk, silahkan sobat pilih New Partition Table.
  10. Selanjutnya sobat klik Continue saja
  11. Disini kita mempunyai kapasitas harddisk yang berukuran 350GB yang nantinya akan dibagi menjadi 2 partisi, dan untuk membuat partisi sobat klik tanda (+) atau tambah.
  12. Pada partisi pertama sobat bisa membuat sebuah partisi yang dimana nantinya data-data sobat akan disimpan baik data instalan maupun data-data lainnya. Pertama tentukan partisi yang akan sobat buat, selanjutnya sobat pilih Primary, lalu pilih Beginning Of This Space. Selanjutnya pada kotak Use as sobat bisa pilih Ext4 Journaling File System, lalu pada kotak Mount Point sobat pilih / kemudian klik Ok.
  13. Selanjutnya sobat akan membuat partisi kedua, sobat pilih tanda (+) atau tambah dulu, lalu sobat akan melihat tampilan gambar persis seperti dibawah ini. Dan sobat bisa tentukan kapasitas pada partisi ini, pilih Logical, kemudian sobat pilih Beginning Of This Space, lalu pada kotak Use as pilih Swap Area. Partisi Swap Area ini merupakan partisi yang wajib, karena Swap Area merupakan sebuah partisi yang nantinya akan menjadi sebuah Memory Virtual dengan menggunakan harddisk sebagai media utamanya. Untuk ukuran memory Swap Area ini biasanya jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran RAM pada komputer/laptop sobat, dan jika sobat ingin membuat Memori Virtual (SWAP) dengan ukuran RAM komputer/laptop sobat maka ukuran SWAP-na akan menjadi 8GB. SIlahkan sobat klik Ok. Maka hasilnya akan tampil seperti ini, dan sobat telah selesai membuat 2 buah partisi yaitu / dan Swap Area.
  14. Langkah selanjutnya sobat pilih klik Install Now
  15. Kemudian sobat pilih Continue
  16. Lalu pilih zona waktu sobat (Jakarta, Indonesia), kemudian pilih Continue
  17. Selanjutnya sobat pilih bahasa masukkan (Inputan) Pilih English Us
  18. Kemudian sobat akan disuruh mengisikan data untuk user dengan lengkap, usahakan isi data dengan benar agar mudah diingat oleh sobat. Setelah Selesai klik Continue.
  19. Dan proses penginstalan dan penyalinan data pun dimulai, silahkan sobat tunggu proses ini sampai selesai. Biasanya proses ini memakan waktu 15-20 menitan.
  20. Setelah proses penginstalan selesai maka akan ada sebuah perintah pada tampilan, kemudian sobat bisa memilih Restart Now.
  21. Dan setelah komputer/laptop sobat direstart, sobat bisa mengeluarkan CD/DVD Ubuntu 15.04 dari komputer/laptop sobat. Lalu sobat bisa isikan dengan data/password sesuai dengan yang tadi sobat buat sebelumnya.
  22. Proses penginstalan pun telah selesai dan dibawah ini adalah tampilan Home page dari Os Ubuntu Versi 15.04.

Demikianlah tutorial yang KomShare8 berikan untuk sobat semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam Menginstall Ubuntu Versi 15.04 Lengkap Beserta Gambar.
Advertisement