Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin

Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin
Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin
Latar Belakang merupakan sebuah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai apa yang ingin disampaikan. Untuk membuat latar belakang yang baik, kita harus menyusunnya sejelas mungkin. Bila perlu, sertai juga latar belakang tersebut dengan data dan fakta yang mendukung.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh latar belakang laporan prakerin yang semoga saja baik dan benar. Latar belakang prakerin biasanya berisi tentang alasan umum mengenai pentingnya kegiatan prakerin untuk siswa serta alasan sekolah mengadakan kegiatan tersebut.

Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin

Latar Belakang Laporan Prakerin


Latar Belakang 1

     Dalam rangka meningkatkan mutu sekolah serta mempersiapkan bekal masa mendatang untuk siswa guna memasuki dunia kerja yang semakin ketat persaingannya, pihak SMK menjalin kerja sama dengan Dunia Usaha atau Dunia Industri dalam program bernama Prakerin. Kegiatan prakerin merupakan pelatihan dan pembelajaran di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.

     Pesatnya perkembangan IPTEK juga menjadi penunjang semakin banyaknya permintaan produksi barang dan jasa. Hal ini tentu menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapatkan pekerjaan. Sehingga, calon tenaga kerja tidak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis saja, melainkan harus fleksibel, inovatif, berwawasan luas, serta didukung dengan keterampilan yang kompeten.

     Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan prakerin yang diadakan SMK Muhammadiyah 1 Salam ini, tentu akan semakin mengasah dan mengimplementasikan materi yang diberikan saat sekolah ke Dunia Usaha atau Dunia Industri secara langsung. Hal ini sangat penting mengingat target SMK adalah siswa-siswanya bisa langsung bekerja setelah lulus nanti.



Latar Belakang 2

     Dalam upaya mewujudkan visi dan misinya, SMK Muhammadiyah 1 Salam melaksanakan berbagai program yang ditujukan untuk pengembangan potensi siswa. Salah satu contoh program tersebut adalah prakerin. Prakerin merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang sesuai atau relevan dengan kompetensi keahlian siswa.

     SMK merupakan sekolah yang memang sudah mempersiapkan siswa didiknya agar siap bekerja setelah lulus. Hal ini bisa dilihat dari kegiatan prakerin yang dilaksanakan oleh siswa atas kerjasama pihak sekolah dengan Dunia Usaha atau Dunia Industri. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah serta menambah bekal siswa untuk memasuki kerja yang semakin ketat persaingannya.

     Maka dari itu, pihak SMK mengadakan kerja sama dengan Dunia Usaha atau Dunia Industri yang sesuai jurusan agar saat bekerja nanti bisa maksimal dan tidak kesulitan lagi.


Nah, kira-kira seperti itulah gambaran mengenai contoh latar belakang prakerin. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kalian jika dirasa bermanfaat.
Advertisement