Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Komputer Tidak Bisa di Install

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Komputer Tidak Bisa di Install
Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Komputer Tidak Bisa di Install
Aplikasi merupakan salah satu bagian penting agar sebuah komputer bisa berjalan dan digunakan dengan maksimal. Tanpa aplikasi, fungsi komputer akan menjadi terbatas. Setiap sistem operasi, pasti memiliki sebuah aplikasi, minimal ya aplikasi bawaan. Sebagai contoh sistem operasi Windows, aplikasi bawaannya seperti Notepad, Paint, Windows Explorer, Internet Explorer, dan masih banyak lainnya.

Namun walaupun sudah ada aplikasi bawaan, kebutuhan aplikasi masih tetap akan kurang. Misal Anda seorang desainer yang membutuhkan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Sony Vegas, dan aplikasi lainnya maka tidak mungkin Anda tidak menambahkan aplikasi-aplikasi tersebut ke komputer Anda. Agar bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, maka Anda terlebih dahulu harus menginstallnya.

Aplikasi Komputer Tidak Bisa di Install

Menginstall aplikasi komputer sangat mudah (tergantung aplikasinya) dan saya yakin Anda semua pasti bisa. Jika Anda tidak bisa menginstallnya, dalam buku panduan instalasi juga disediakan tutorialnya, jika tidak ada maka Anda bisa mencarinya melalui internet. Namun walaupun Anda sudah tahu cara melakukan instalasi aplikasi, ada saja masalah yang sering muncul yaitu aplikasi tidak bisa diinstall alias gagal install.

Aplikasi Tidak Bisa di Install di Komputer

Sangat banyak faktor penyebab aplikasi tidak bisa diinstall. Maka dari itu, sebelum menuju caranya akan lebih baik kalau kita membahas tentang penyebab aplikasi tidak bisa diinstall. Berikut ini adalah beberapa penyebab aplikasi tidak bisa diinstall dan akan saya sertakan pula cara mengatasinya di bagian bawahnya.

#Aplikasi Tidak Bisa diinstall Karena Tidak Compatible

Yang saya maksud tidak compatible adalah aplikasi yang Anda install tidak support dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Begini, banyak aplikasi-aplikasi yang hanya support dengan Windows 7 ke bawah, sedangkan untuk Windows 8 dan 10 sudah tidak support.

+Cara Mengatasi

Nah, karena aplikasi tidak compatible dengan sistem operasi maka yang harus dilakukan adalah mengubah compability ke sistem operasi yang support dengan aplikasi tersebut. Pada sistem operasi Windows ada fitur Compability Mode yang dapat digunakan untuk mengatur compability ke Windows yang dulu agar aplikasi bisa di install. Fitur ini sangat ampuh untuk mengatasi aplikasi tidak bisa diinstall, namun tidak ada jaminan semua aplikasi dapat diinstall menggunakan cara ini.

1. Silahkan cari aplikasi yang tidak bisa diinstall.

2. Klik kanan, lalu pilih Properties.

3. Pilih tab Compability, pada bagian yang saya kasih tanda kotak silahkan ganti dengan sistem operasi yang compatible dengan aplikasi yang akan diinstall. Sebagai contoh saya memilih Windows 7, jangan lupa untuk mencentang Run this program in compability mode for:


4. Langkah terakhir, klik Apply lalu Ok.

#Aplikasi Tidak Bisa diinstall Karena Lawas (Belum Update)

Aplikasi versi lama terkadang sudah tidak support dengan sistem operasi baru. Jika Anda adalah pengguna sistem operasi terbaru (contoh Windows 10) dan akan menginstall sebuah aplikasi versi lama, memang ada kemungkinan aplikasi tersebut sudah tidak bisa dijalankan. Seperti contoh ini, saya adalah pengguna Windows 10 dan akan menginstall Corel Draw x4 maka yang akan terjadi adalah aplikasi tersebut tidak bisa diinstall.

+Cara Mengatasi

Cara mengatasinya sangat mudah, Anda tinggal mendownload versi aplikasi terbaru. Sebagai contoh tadi, karena saya tidak bisa menginstall Corel Draw x4 di Windows 10, maka saya harus mendownload versi Corel Draw terbaru atau minimal di atas versi yang tidak bisa diinstall tadi (Corel Draw x7 misalnya). Jika sudah download aplikasi versi terbaru, silahkan install aplikasi tersebut.

#Aplikasi Tidak Bisa diinstall Karena Net Framework Lawas

Jika Anda belum menginstall Net Framework versi baru (minimal 4.5) maka sangat wajar jika pada beberapa aplikasi yang Anda install tidak bisa. Karena saya pernah menginstall aplikasi dan gagal hanya karena versi Net Framework masih lawas. Jika masalahnya memang terletak pada Net Framework, biasanya akan muncul peringatan saat menginstall aplikasi.

+Cara Mengatasi

Mudah saja, silahkan download Net Framework 4.5 (yang banyak dibutuhkan aplikasi) dan install. Setelah install Net Framework terbaru silahkan coba install aplikasi yang tidak bisa diinstall tadi. Kalau masalahnya memang pada Net Framework, seharusnya bisa berhasil setelah memperbaharui Net Framework.

Nah, itulah penyebab (umum) aplikasi komputer tidak bisa diinstall dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan aplikasi tidak bisa diinstall pada komputer Anda.
Advertisement