Cara Convert File ODS ke XLSX (Microsoft Excel)

Cara Convert File ODS ke XLSX (Microsoft Excel)
Cara Convert File ODS ke XLSX (Microsoft Excel)
Saya baru saja mau membuka file ODS di Microsoft Excel dan ternyata tidak bisa, isi filenya malah menjadi tidak jelas karena seperti bahasa alien. :D Ceritanya saya ingin membuka file hasil LibreOffice Calc di Microsoft Office karena ada suatu kepentingan, namun sayangnya masih belum support. Setelah itu saya mencoba cari tools convert ODS to XLSX online dan saya coba convert. Setelah file terconvert menjadi XLSX, saya coba buka menggunakan Microsoft Excel dan alhamdulillah berhasil.

ODS merupakan salah satu extensi file di LibreOffice yang kalau di Microsoft Excel hampir sama dengan XLSX. Namun kenyataannya, file ODS masih belum bisa dibuka dengan Excel secara langsung, melainkan harus mengubah formatnya terlebih dahulu. Kenapa? karena perbedaan antar aplikasi yang menggunakan Format OpenDocument. Jadi, mau tidak mau tetap harus melakukan convert ODS ke XLSX terlebih dahulu.

Cara Convert File ODS ke XLSX

Masalah ini mungkin muncul untuk Anda pengguna Linux yang ingin membuka file ODS di Microsoft Excel. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara convert file ODS ke XLSX (convert ODS to XLSX) agar bisa dibuka melalui Microsoft Excel.

Cara Convert ODS to XLSX (Excel)

Baiklah, cara convert ODS ke Excel ini hanya untuk Anda yang belum tahu saja ya, karena sebenarnya cara ini sangat mudah sih, namun karena belum tahu biasanya menjadi sedikit sulit. :D Baiklah, bagi yang ingin mengubah file ODS menjadi XLSX, silahkan simak cara dibawah ini.

  1. Silahkan masuk ke website Ods to Xls converter
  2. Setelah itu, silahkan pilih file ODS pada bagian yang saya tandai. Jika sudah langsung klik Convert.
  3. Kemudian simpan dengan file Excel seperti di bawah ini.  
  4. Selesai. 

Nah, itulah artikel mengenai cara convert file ODS ke XLSX. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengubah file ODS ke Excel. Semoga bermanfaat.
Advertisement