Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo G40

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo G40
Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo G40
Cara masuk BIOS laptop sebenarnya mudah saja, tinggal pencet-pencet tombol yang sudah ditentukan dan akan langsung muncul menu BIOS. Namun, tidak semudah itu untuk Lenovo G40, cara masuk BIOS di laptop ini ternyata lain daripada yang lain. Kalau laptop pada umumnya, mungkin setelah dihidupkan langsung menekan tombol F1, F2, Del, dan semacamnya, namun tombol-tombol tersebut sama sekali tidak mempan di Lenovo G40, malah langsung booting ke sistem operasi.

Saya dulu sering menginstall sistem operasi ketika masih bekerja di tempat service dan sering mengalami hal seperti ini. Lenovo G40 menjadi salah satu seri yang memang agak sulit masuk BIOS bagi yang belum mengetahui caranya. Bagi pengguna Lenovo G40, mungkin baru menyadari kalau cara masuk BIOS berbeda dari lainnya ketika akan melakukan install ulang, karena kebanyakan orang masuk BIOS hanya untuk install ulang saja.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo G40

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara masuk BIOS laptop Lenovo G40 untuk melakukan install ulang. Cara ini berlaku untuk semua Windows, termasuk Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10.

Cara Masuk BIOS Lenovo G40

Cara masuk BIOS Lenovo G40 ini sebenarnya sama saja dengan jenis laptop lainnya, hanya tombolnya saja yang berbeda. Kalau pada laptop umumnya mungkin tombolnya F1, F2, Del, dan sebagainya, namun untuk Lenovo G40 ternyata lain.

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah cara masuk BIOS Lenovo G40.

  1. Matikan Lenovo G40 Anda.
  2. Kemudian hidupkan dan langsung tekan Fn (ditahan) + F2 (ditekan berulang-ulang).
  3. Setelah itu Anda akan melihat BIOS Lenovo G40 terbuka.

Yang jadi pertanyaan, kenapa harus menekan tombol Fn? Yang saya ketahui, ketika kita tidak menekan tombol Fn, maka tombol F2 tidak akan berfungsi karena berganti fungsi untuk mengecilkan volume. Coba saja Anda lihat pada tombol F2 Lenovo G40, pasti ada logo seakernya juga.

Jadi pada intinya, cara masuk BIOS Lenovo G40 ini sama dengan laptop lain, hanya ada sedikit tambahan yaitu dengan menekan tombol Fn.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara masuk BIOS Lenovo G40. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk masuk BIOS Lenovo G40.
Advertisement