Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Error 5B00

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Error 5B00
Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Error 5B00
Printer merupakan sebuah hardware yang berfungsi dan sering digunakan untuk mencetak file dokumen, terutama dari program Microsoft Office. Perangkat ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali orang yang membutuhkan printer ini, seperti contoh pekerja kantoran ataupun mahasiswa.

Pada mulanya, perkembangan printer masih membutuhkan space yang bisa dikatakan besar. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini printer dapat lebih compact serta memiliki kecepatan cetak yang semakin cepat pula. Tentu, ini akan sangat membantu orang-orang yang setiap harinya berkecimpung dalam dunia percetakan dokumen.

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Error 5B00

Dibalik keunggulan printer yang sangat banyak, tentu ada saja masalah yang sering dialami. Banyak sekali masalah-masalah yang bisa terjadi pada printer, entah tidak bisa melakukan print, printer tidak terbaca komputer, ataupun masalah-masalah lainnya. Namun, biasanya priter akan memberikan indikasi kalau sedang terjadi error, salah satunya melalui lampu yang berkedip-kedip.

Cara Mengatasi Error 5B00 Cannon IP2770

Salah satu masalah yang sering muncul pada printer Cannon IP2770 adalah error 5B00. Sebenarnya bukan hanya pada Cannon IP2770 saja, namun juga pada printer lain seperti Epson, HP, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah tampilan error 5B00 pada Cannon IP2770.

Cara Mengatasi Error 5B00 Cannon IP2770

Tampilan error seperti gambar diatas juga sama dengan Cannon MX360. Nah, bagi yang mengalami masalah ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk memperbaiki Error 5B00 pada printer Cannon IP2770.

Pada dasarnya, semua printer bisa mengalami error 5B00. Tapi tenang saja, dari pihak mereka sudah memiliki langkah untuk mengantisipasi dan mengatasinya. Mereka sudah menyediakan software resetter yang berfungsi untuk mereset printer tersebut ketika mengalami error.

Printer Cannon IP2770 Error 5B00

Ketika printer mendapatkan pesan error 5B00, maka printer tidak akan bisa bekerja atau tidak bisa digunakan untuk mencetak. Ketika error, lampu indikator akan berkedip hidup-mati. Untuk mengatasinya agar tidak error lagi, silahkan simak tutorial dibawah ini.

Silahkan unduh terlebih dahulu software resetter Cannon IP2770: Software Resetter (Google Drive)

Agar proses berjalan dengan lancar, silahkan masuk ke Service Mode terlebih dahulu.

Langkah masuk Service Mode Cannon IP2770

  1. Colokkan Printer ke aliran listrik (penting: jangan nyalakan printer)
  2. Tekan tombol Resume selama 2 detik. Bersamaan dengan itu, tekan tombol Power sampai lampu indikator berwarna hijau.
  3. Jika lampu indikator sudah hijau, lepas tombol Resume namun tetap menekan tombol Power.
  4. Kemudian tekan tombol Resume sebanyak 5 kali. (Caranya, tekan-lepas > tekan-lepas sampai 5 kali, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih).
  5. Langkah selanjutnya lepas tombol Resume dan tombol Power secara bersamaan.
  6. Lampu indikator akan berkedip kemudian menyala hijau.

Sampai disini, proses masuk Service Mode Printer Cannon IP2770 sudah berhasil. Sekarang, kita bisa melakukan reset pada printer agar tidak muncul error 5B00 dan printer dapat kembali digunakan.

Langkah Reset Printer Cannon IP2770

  1. Silahkan extract file yang sudah diunduh diatas.
  2. Jika sudah, langsung jalankan program tersebut.
  3. Oh ya, siapkan juga beberapa lembar kertas untuk proses reset printer.
  4. Setelah dibuka, maka tampilan programnya adalah seperti gambar dibawah ini.
    Cara Memperbaiki Error 5B00 Cannon IP2700
  5. Klik Main, maka printer akan melakukan print dengan hasil D=000*0
  6. Jika sudah, klik EEPROM Clear.
  7. Kemudian klik EEPROM, maka printer akan melakukan print dengan hasil banyak tulisan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tulisan TPAGE(TTL=00000).
  8. Jika sudah, selamat printer Cannon IP2770 berhasil di reset.

Sekarang, silahkan matikan printer kemudian nyalakan. Coba print dokumen apa saja. Dengan langkah diatas, maka printer sudah bisa berjalan dengan normal dan sudah tidak muncul error 5B00 lagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Advertisement