Cara Mengatasi Check Cable Connection Paling Ampuh

Cara Mengatasi Check Cable Connection Paling Ampuh
Cara Mengatasi Check Cable Connection Paling Ampuh
Check cable connection merupakan permasalahan pada laptop atau komputer yang pernah saya alami. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai cara mengatasi check cable connetcion. Pada saat itu yang mengalami masalah ini bukan saya sebenarnya, namun teman saya tepatnya. Nah, ketika itu dia membuat sebuah status facebook yang isinya kira-kira berisi tentang keluhan dan meminta tolong bagaimana cara mengatasinya.

Dan saat itu saya mengomentari status tersebut dan mencoba memberikan beberapa saran yang saya harap bisa menyelesaikan masalah check cable connection ini. Dan pada akhirnya setelah beberapa saran dicoba, ada satu saran yang ternyata bisa mengatasi masalah ini. Ingat, penyebab permasalahan check cable connection ini berbeda-beda, jadi belum tentu saran-saran yang akan saya berikan di bawah ini bisa berhasil mengatasi masalah pada laptop atau komputer Anda.

Cara Mengatasi Check Cable Connection

Saat mengalami masalah check cable connection, pasti Anda akan menemui tulisan seperti di bawah ini pada tampilan monitor.

Check Cable Connection!
PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM
No Bootable device -- insert boot disk and press any key

Sebenarnya kode permasalahannya tidak semua sama persis seperti itu, ada juga kode-kode lain namun permasalahannya tetap sama yaitu check cable connection.

Cara Mengatasi Check Cable Connetcion

Di bawah ini akan saya berikan beberapa penyebab masalah check cable connection dan cara mengatasinya. Jadi, di bawah penyebabnya akan langsung saya berikan mengenai solusinya. Oh ya, masalah check cable connection ini bisa terjadi pada semua laptop seperti Toshiba, Acer, Asus, Lenovo, Dell, dan merk laptop lainnya. Untuk mencoba mengatasi masalah Anda, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

1. Kabel Hardisk Kendor atau Rusak

Kabel hardisk yang saya maksud adalah IDE atau SATA. IDE (Integrated Drive Electroincs) adalah model kabel yang digunakan pada hardisk lama, sedangkan SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah kabel yang digunakan pada hardisk yang terbaru. Kemungkinan permasalahan check cable connection yang pertama terletak pada kabel hardisk yang kendor, lepas, atau bisa rusak. Kalau punya teman saya kemarin, masalahnya cuma pada kabel hardisk yang lepas dan setelah dipasang kembali bisa booting dengan normal.

+Cara Mengatasi
Cara mengatasinya sangat mudah, yang Anda perlukan hanyalah obeng yang cocok untuk membuka casing laptop atau komputer Anda. Untuk laptop, umumnya ada pada bagian belakang, sedangkan untuk komputer tinggal buka tutup sampng saja. Jika sudah, maka Anda akan melihat kabel hardisk, silahkan pasang dengan kuat untuk mengantisipasi agar tidak lepas atau kendor. Setelah itu, silahkan coba hidupkan perangkat Anda, jika bisa booting maka selamat Anda sudah berhasil, namun jika belum berhasil, maka mungkin permasalahannya bukan pada kabel hardisk.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-kedip

Atau kalau memang belum bisa, Anda pinjam kabel hardisk milik teman Anda dan silahkan coba dipasang pada perangkat Anda, jika memang ternyata tidak bisa berarti permasalahannya bukan pada kabelnya.

2. Urutan Booting Salah

Urutan booting menentukan tempat dimana perangkat akan masuk ke dalam sistem, kemungkinan masalah check cable connection ini terjadi karena urutan boot salah. Seharusnya, posisi hardisk tempat sistem operasi ada paling atas. Maka Anda harus mengubah urutannya.

+Cara Mengatasi
Cara mengatasinya sangat mudah, Anda tinggal masuk BIOS (setiap laptop mungkin berbeda, bisa dengan menekan F2 F11, F12, Del, Esc) dan mengubah posisi hardisk agar paling atas. Cara singkatnya seperti di bawah ini:

  1. Masuk BIOS.
  2. Pindah ke tab Boot.
  3. Silahkan rubah urutan booting agar hardisk menjadi paling atas.
  4. Setelah itu save dengan cara tekan F10 > Yes > Enter.

Nah, itulah cara mengatasi check cable connection yang saya ketahui. Mungkin di luar sana masih banyak langkah mengatasi check cable connection ini, namun karena yang saya tahu hanya ini saja maka saya hanya menuliskan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Advertisement