Cara Mengatasi Check Signal Cable pada Monitor

Cara Mengatasi Check Signal Cable pada Monitor
Cara Mengatasi Check Signal Cable pada Monitor
Monitor merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan output video dari sebuah CPU. Kegunaannya tidak bisa dipisahkan dari  penggunaan komputer, sebab, komputer tidak akan bisa digunakan tanpa adanya monitor. Jikapun bisa, pasti akan sangat sulit untuk melihat apa yang sedang dijalankan.

Ada macam-macam penyebab kerusakan yang sering terjadi pada monitor, entah rusak karena kurangnya perawatan ataupun pemakaian yang memang sudah lama. Ketika monitor sudah rusak, biasanya ditandai dengan tidak munculnya gambar. Namun, tidak munculnya gambar pada monitor bukan berarti karena terjadi kerusakan, bisa juga karena faktor lain.

Cara Mengatasi Check Signal Cable

Permasalahan pada monitor sebenarnya juga bermacam-macam, salah satunya adalah check cable monitor. Dalam kondisi ini, sebenarnya monitor masih menyala, hanya saja tidak bisa menampilkan gambar sesuai dengan apa yang dijalankan CPU. Apakah Anda sedang mengalami masalah ini? Jika ya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Check Signal Cable

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, permasalahan check signal cable ini terjadi karena kabel VGA yang tidak beres, entah karena kabel bermasalah ataupun pemasangan kabel yang kurang tepat/pas. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah check signal cable.

#1. Periksa Pemasangan Kabel

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kabel apakah sudah pas atau belum. Silahkan periksa pada port monitor maupun CPU, usahakan sudah terpasang dengan pas dan kencang. Sekarang, silahkan coba hidupkan CPU beserta monitornya. Jika memang tidak ada masalah pada kabel, seharusnya monitor sudah hidup dalam keadaan normal.

Pemasangan kabel biasanya sering dianggap sepele, padahal kalau tidak tepat bisa menyebabkan masalah seperti check signal cable. Masalah ini terjadi karena pemasangan kabel tidak pas dan mengakibatkan kabel kendor. Jadi, usahakan kabel sudah tertancap dengan kencang baik ke port monitor maupun CPU.

#2. Periksa Kondisi Kabel

Kabel yang bermasalah, tentu akan menyebabkan monitor tidak bisa menampilkan output yang diberikan CPU. Untuk mengeceknya, Anda bisa meminjam kabel VGA teman yang kondisinya masih bagus, dalam artian bisa digunakan normal pada monitor teman Anda. Jika monitor Anda normal ketika menggunakan kabel teman Anda, bisa dipastikan kabel Anda yang bermasalah.

Untuk mengecek apakah kabel Anda benar-benar bermasalah atau tidak, Anda bisa mencobanya pada monitor orang lain. Jika ternyata memang tidak bisa, berarti kabel milik Anda memang sudah tidak bisa digunakan, atau kemungkinan memang sudah rusak.

#3. Periksa Port VGA atau HDMI

Untuk memeriksa port, usahakan gunakan kabel yang benar-benar normal. Silahkan coba hubungkan monitor ke CPU menggunakan kabel yang normal. Jika memang tidak bisa, ada kemungkinan permasalahan terletak pada port VGA atau HDMI. Hal ini bisa disebabkan karena bengkoknya bagian pin.

Bengkoknya salah satu pin akan mengakibatkan monitor tidak bisa menerima output dari CPU. Hal ini sering terjadi karena ketika memasang kabel ke port, dilakukan dengan tidak hati-hati, entah itu terbalik ketika memasang ataupun yang lainnya.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan mengenai permasalahan check signal cable. Sebenarnya masih sangat banyak penyebab serta cara mengatasi masalah ini, namun karena yang saya ketahui hanya itu, yaudah saya tulis itu saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Advertisement