Cara Mengatasi Error Loading Operating System Windows

Cara Mengatasi Error Loading Operating System Windows
Cara Mengatasi Error Loading Operating System Windows
Error loading operating system merupakan salah satu masalah pada komputer atau laptop yang bisa dikatakan sedikit menjengkelkan. Pasalnya, kita menjadi tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Laptop dan komputer sendiri merupakan sebuah perangkat yang saat ini sangat banyak penggunanya, entah itu anak kecil, remaja, dewasa, atau bahkan orang tua. Perangkat ini bisa digunakan untuk berbagai hal entah untuk pekerjaan atau sekadar untuk bermain saja.

Untuk pengguna komputer atau laptop yang masih awam, pasti sangat panik ketika mendapati masalah error loading operating system, bagaimana tidak, mereka pasti langsung beranggapan bahwa perangkat yang digunakan rusak. Kalau pengguna yang ada keinginan untuk memperbaikinya sendiri, biasanya akan langsung masuk ke Google lalu mengetikkan keyword "cara mengatasi error loading system pada Windows". Ada pula pengguna yang tidak mau pikir panjang, mereka langsung membawanya ke tukang service terdekat. Nah, Anda sendiri termasuk pengguna yang mana?

Cara Mengatasi Error Loading Operating System

Bagi Anda yang ingin sedang mengalami masalah ini, tenang dulu. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai cara mengatasi error loading system pada Windows, entah itu Windows 7, Windows 7, maupun Windows 10. Siapa tahu cara ini cocok dan berhasil Anda gunakan.

Cara Mengatasi Error Loading Operating System

Masalah ini muncul ketika komputer atau laptop dihidupkan namun tidak bisa masuk Windows, melainkan hanya tampil layar hitam dengan tulisan Error loading operating system pada pojok kiri atas. Walaupun perangkat direstart tetap akan sama saja, tidak akan berhasil untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Kembalikan Settingan BIOS ke Default

Ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan karena tidak akan berisiko apapun. Kenapa mengembalikan BIOS ke default? Karena ada kemungkinan Anda pernah mengutak-atik BIOS dan akhirnya malah menyebabkan masalah error loading operating system. Untuk mereset BIOS ke default sendiri sangat mudah, Anda tinggal masuk ke BIOS > Pindah ke tab Exit > Pilih Load Setup Default / Load Setup to Default lalu tekan Enter > Tekan F10 lalu pilih Yes atau OK.

2. Lepas Lalu Pasang Hardisk

Kemungkinan penyebab error loading operating system yang kedua adalah hardisk yang mungkin kendor. Jadi, silahkan Anda coba lepas hardisk laptop ataupun komputer Anda. Untuk melepas hardisk sendiri sangat mudah ya, yang diperlukan hanyalah obeng saja. Setelah terlepas, lalu pasang kembali hardisk tersebut, usahakan benar dalam pemasangannya dan pastikan juga terpasang dengan kencang.

3. Install Ulang Windows

Kemungkinan ketiga penyebab masalah error loading operating system adalah sistem operasi Windows yang rusak, entah itu corrupt, terkena virus, atau kerusakan lainnya. Untuk cara install ulang sendiri sebenarnya sangat mudah jika Anda tahu caranya. :D Kalau tidak tahu, Anda bisa mencarinya di Google karena sudah banyak yang membagikannya. Kalaupun sudah tahu caranya namun tidak berani melakukannya, silahkan minta tolong pada teman yang bisa install ulang.

4. Ganti Hardisk

Jika ketiga cara di atas memang benar-benar tidak bisa untuk mengatasi error loading system, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengganti hardisk. Penyebab utama komputer atau laptop tidak bisa masuk (booting) ke sistem operasi adalah hardisk. Ketika hardisk rusak atau bad sector, biasanya hanya stuck saja karena data sistem yang ada dalam hardisk kemungkinan rusak atau corrupt. Nah, oleh karena itu Anda harus mengganti hardisk dengan yang baru lalu menginstall ulang sistem operasi.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai cara mengatasi error loading operating system. Silahkan Anda coba satu per satu cara-cara di atas. Pada intinya, cara di atas sudah saya urutkan dari langkah awal yang harus dilakukan sampai langkah terakhir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan perangkat Anda.
Advertisement