Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-kedip

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-kedip
Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-kedip
Laptop menjadi pilihan banyak orang karena desainnya yang portable dalam artian mudah dibawa kemana saja tanpa memakan banyak tempat. Namun dibalik itu semua, permasalahan-permasalahan juga sering muncul pada perangkat laptop dari berbagai merk mulai dari Acer, Asus, Lenovo, Toshiba, dan yang lainnnya. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah layar laptop yang kedap-kedip atau berkedip berulang-ulang. Ini merupakan masalah yang tentu sangat mengganggu penglihatan ketika sedang menggunakannya.

Kalau terlalu dipaksakan menatap layar monitor yang kedap-kedip, malah bisa jadi berbahaya untuk kesehatan mata. Untuk itu, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab-penyebab kenapa kok layar monitor laptop bisa kedap-kedip. Dengan mengetahui apa penyebabnya, maka kita akan lebih mudah ketika hendak melakukan perbaikan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas berbagai penyebab permasalahan layar laptop kedap-kedip dan cara mengatasinya. Saya membuat artikel ini karena dulu pernah mengalami permasalahan serupa, dan dengan sedikit penelitian dan perbaikan alhamdulillah layar laptop saya sudah kembali normal.

Penyebab Layar Monitor Laptop Berkedip

penyebab layar laptop berkedip

Sangat banyak penyebab-penyebab kenapa layar laptop bisa berkedip. Namun yang akan saya paparkan di bawah ini hanya yang sering dialami saja. Berikut adalah beberapa penyebab utama layar laptop berkedip-kedip.

1. Resolusi Layar Terlalu Tinggi

Resolusi layar pada setiap laptop berbeda-beda. Kita dapat men-settingnya sesuai dengan keinginan. Tapi ingat, jika dalam men-setting tidak sesuai, yang ada layar laptop malah akan tampak pecah-pecah bahkan layar menjadi berkedip-kedip. Untuk itu, silahkan sesuaikan resolusinya sesuai dengan resolusi layar laptop Anda untuk menghindari layar yang berkedip.

2. Arus Listrik Tidak Stabil

Ketika Anda menggunakan laptop sambil di charge dan mengalami layar laptop berkedip-kedip, namun ketika charge di lepas layar laptop kembali normal lagi, bisa jadi yang bermasalah adalah arus listriknya yang tidak stabil. Saya pernah mengalami masalah ini, jika Anda mengalami hal ini sebaiknya Anda lepas dulu laptop dari charge, karena kemungkinan sedang ada perbaikan dari PLN.

3. Kabel Bermasalah

Kabel yang menghubungkan laptop ke layar monitor juga bisa menjadi salah satu penyebab monitor berkedip. Mungkin kabelnya sudah ada sebagian yang mengelupas atau cuma kendor saja. Jika Anda bisa bongkar pasang laptop, silahkan Anda coba mengecek pada bagian kabel ini, siapa tahu letak permasalahannya ada disini.

4. Prosesor Panas

Menggunakan laptop terlalu lama dapat menyebabkan prosesor menjadi panas dan bisa juga mengakibatkan layar laptop berkedip-kedip. Prosesor panas biasanya juga disebabkan oleh kinerja kipas fan yang tidak optimal. Jadi, jika Anda adalah seorang pengguna laptop yang aktif, sebaiknya gunakan fan external untuk membantu mengoptimalkan pendinginan pada prosesor.

5. Masalah VGA

Masalah pada VGA akan menimbulkan masalah lain pada tampilan layar monitor, salah satu contohnya layar yang berkedip-kedip. Untuk komputer, mungkin masih bisa dengan mudah untuk melakukan pengecekan. Namun untuk laptop, karena posisinya yang (umumnya) built in atau menyatu jadi pasti akan agak sulit ketika akan melakukan pengecekan.

Masalah lain pada VGA bisa juga terjadi pada driver yang tidak update. Update driver sangat perlu untuk mendapatkan fitur-fitur dan perbaikan dari versi yang dulu.

6. Laptop Pernah Jatuh

Laptop yang jatuh juga menjadi salah satu penyebab masalah pada monitor laptop. Jadi, ketika Anda membawa laptop untuk bepergian silahkan bawa dengan hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Layar Laptop Kedap-kedip

cara mengatasi layar laptop kedap-kedip

Untuk cara mengatasi layar laptop kedap-kedip ini, saya hanya memberikan langkah yang pernah saya tempuh saja karena jika saya memberikan tutorial tapi saya sendiri belum pernah mencobanya, sama saja saya memberikan kebohongan kepada Anda. Jadi, jika mungkin cara-cara di bawah ini tidak bekerja pada Anda, silahkan dimaklumi saja karena mungkin permasalahan yang kita alami berbeda.

Ketika saya mengalami masalah layar laptop berkedip-kedip, saya hanya melakukan langkah sederhana di bawah ini.

1. Periksa Kabel

Kabel yang saya maksud disini adalah kabel yang menghubungkan laptop dengan layar. Dalam hal ini, jika Anda ingin mencobanya, Anda harus bisa bongkar pasang laptop terlebih dahulu. Karena jika tidak, bagaimana mau memeriksa. Jika sudah bisa membongkar, silahkan cari kabelnya dan kencangkan. Pengalaman saya, saya cuma mengencangkan kabel pada bagian ujung saja dan layar laptop sudah tidak kedap-kedip lagi.

2. Cek VGA

Karena VGA laptop kebanyakan built-in, silahkan langsung bawa ke tempat service saja untuk mengecek apakah VGA masih normal atau sudah minta ganti. Kalau sudah minta ganti, silahkan Anda tanyakan saja dulu apakah ada VGA yang cocok dan harganya juga cocok. Kalau cocok, silahkan putuskan sendiri karena semua keputusan Anda pada diri sendiri.

3. Jaga Suhu Prosesor

Karena salah satu penyebab layar laptop berkedip adalah suhu prosesor yang terlalu panas, silahkan Anda mencari cara agar suhu prosesor tetap dalam kondisi dingin. Dalam hal ini, Anda bisa menambah fan external dan semacamnya.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara mengatasi layar laptop kedap-kedip ini bisa bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan Anda.
Advertisement