Cara Mengatasi Modem Sering Disconnect Sendiri

Cara Mengatasi Modem Sering Disconnect Sendiri
Cara Mengatasi Modem Sering Disconnect Sendiri
Anda pengguna laptop? Menggunakan modem untuk terhubung ke internet? Sering mengalami masalah modem yang tiba-tiba disconnect atau terputus sendiri? Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mengatasi modem yang sering disconnect sendiri dengan mudah. Menjelajah dunia internet memang harus menggunakan sebuah jaringan internet, modem adalah salah satu alat yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna laptop untuk dapat terhubung ke internet.

Alasannya sangat jelas, karena ukurannya yang kecil sehingga dapat dibawa ke mana saja tanpa memakan tempat dan beratnya yang sangat ringan sehingga tidak akan menambah beban bawaan. Sebenarnya alat untuk terhubung ke internet bukan hanya modem saja, bisa menggunakan handphone (tethering) ataupun menggunakan Wifi. Dan untuk postingan kali ini saya akan membahas yang modem, tepatnya cara mengatasi modem sering disconnect.

Cara Mengatasi Modem Sering Disconnect Sendiri

Pasti akan sangat kesal ketika modem yang kita gunakan untuk berinternet ria tiba-tiba terputus sendiri tanpa sebab. Namun sebenarnya, semua itu tetap ada sebabnya. Agar Anda menjadi lebih tahu, berikut ini adalah beberapa penyebab modem disconnect sendiri.

1. Jaringan Buruk

Ya, jaringan memang bisa menjadi penyebab modem tiba-tiba disconnect sendiri. Jaringan disini adalah jaringan kartu yang Anda gunakan, misalnya Indosat, Axis, Telkomsel, dan lain sebagainya. Baik buruknya jaringan akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, dan kalau jaringannya memang tidak stabil (naik turun, kadang tidak ada sinyal) sangat besar kemungkinan modem akan sering disconnect sendiri. Jadi saran saya, silahkan gunakan kartu yang memiliki sinyal paling kuat di daerah Anda.

2. Port Bermasalah

Port yang saya maksud adalah port yang terdapat pada laptop Anda, kalau masih belum tahu silahkan cari di Google tentang apa itu port. Singkatnya, port adalah tempat untuk menancapkan modem agar bisa digunakan. Jadi ketika modem Anda tiba-tiba disconnect sendiri, silahkan coba pindahkan modem Anda ke port lain.

3. Modem Bermasalah

Masalah pada modem sangat banyak sekali, yang paling sering terjadi adalah rusaknya komponen bagian modem. Jika ini memang terjadi, jangan langsung beli modem baru, namun cobalah dipasang di laptop punya teman bisa atau tidak. Kalau memang ternyata tidak bisa, baru beli modem baru.

Cara Mengatasi Modem yang Disconnect Sendiri

Setelah mengetahui tentang penyebab modem sering disconnect sendiri, di bawah ini adalah langkah atau cara untuk mengatasi modem yang sering disconnect sendiri. Perlu diperhatikan, modem yang saya gunakan disini adalah Huawei.

1. Silahkan pasang modem Anda ke port.

2. Kemudian masuk ke Device Manager caranya tekan tombol Windows+R bersamaan maka nanti akan otomatis masuk ke Device Manager.

3. Klik bagian Universal Serial Bus controllers dan disable yang saya tandai kotak merah. Caranya Klik Kanan > Disable .Lihat gambar.

Cara Mengatasi Modem Yang Disconnect Sendiri

HUAWEI adalah nama modem yang saya gunakan, silahkan sesuaikan dengan modem masing-masing.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel mengenai cara mengatasi modem sering disconnect sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan modem Anda
Advertisement