Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Paling Ampuh

Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Paling Ampuh
Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect Paling Ampuh
Bagi semua orang, menjelajah internet memang sudah menjadi sebuah rutinitas yang harus dikerjakan setiap hari. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sudah melekat dengan yang namanya internet. Berbagai macam informasi dicari setiap hari, berbagai macam sosial media dibuka setiap jam, bahkan menit. Jadi, sangat wajar jika sekarang ini banyak alat untuk terhubung ke internet yang digunakan penjelajah internet. Modem contohnya, modem adalah sebuah hardware komputer yang digunakan untuk terhubung ke internet.

Dari dulu hingga sekarang modem masih banyak digunakan, alasannya sangat simple yaitu karena ukurannya yang kecil dan beratnya yang memang sama sekali tidak membebani ketika dibawa bepergian. Namun dibalik kelebihan modem yang sangat banyak, ada saja masalah yang sering dialami oleh pengguna modem, salah satunya adalah modem tidak bisa connect ke internet.

Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi modem yang tidak bisa connect ke internet. Jika Anda sedang mengalami masalah ini, silahkan bisa baca artikel ini sampai selesai dan coba cara yang saya berikan. Siapa tahu permasalahan modem tidak bisa connect pada modem Anda bisa diatasi.

Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Connect

Pada umumnya, modem disconnect sendiri ataupun tidak bisa connect ke internet biasanya karena konfigurasi yang tidak benar. Jadi begini, pengaturan atau konfigurasi setiap modem (merk modem) bisa berbeda-beda, nah mungkin saja saat Anda sedang mengutak-atik pengaturan modem tersebut melakukan kesalahan yang tidak terduga. Ini hanya kemungkinan umum lho ya, jadi tidak sepenuhnya permasalahan modem yang tidak bisa connect ini disebabkan oleh konfigurasi yang salah, bisa saja karena kerusakan pada hardware.

Yang saya maksud kerusakan hardware diatas salah satunya adalah port pada USB laptop yang bermasalah, atau bisa juga sim card atau slot sim card yang rusak. Kerusakan pada sim card atau slot sim card bisa Anda lihat pada sinyal modem, jika memang ternyata sinyal kosong atau tanda silang maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada sim card atau slotnya.

Masalah lain yang menyebabkan modem tidak bisa connect adalah driver yang bermasalah. Driver bermasalah bisa diartikan, driver yang Anda install tidak cocok dengan modem Anda. Bisa juga driver yang Anda install adalah versi lama dan memerlukan versi terbaru.

Saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman yang saya alami, jadi seluruh cara di artikel ini bisa saya pertanggung jawabkan ketika ada kerusakan pada modem Anda. Nah, bagi yang ingin mencoba cara untuk mengatasi modem tidak bisa connect bisa baca cara-cara dibawah ini.

1. Install Ulang Driver Modem

Permasalahan pertama yang sangat mungkin menjadi penyebab modem tidak bisa connect internet adalah driver modem yang bermasalah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu melakukan uninstall kemudian install kembali driver modem tersebut. Pada umumnya, driver modem sudah tersedia pada hardware modem tersebut. Jadi untuk menginstallnya kembali silahkan Anda uninstall driver lama melalui device manager, setelah di uninstall silahkan restart terlebih dahulu laptop Anda. Nah, setelah itu tancapkan modem Anda dan nanti masuk ke Windows Explorer lalu tinggal install driver yang sudah disediakan.

2. Cek Port USB Laptop

Seperti yang saya katakan diatas, salah satu penyebab modem tidak bisa connect adalah karena port USB laptop yang bermasalah. Jadi untuk mengeceknya, silahkan pindahkan modem ke port yang lain. Atau kalau perlu pinjam laptop teman dan coba pasang modemnya, jika ternyata connect maka bisa dipastikan kalau port laptop Anda yang rusak.

3. Ganti APN

APN (Access Point Name) adalah identitas yang dimiliki setiap sim card. Setiap sim card memiliki access point name yang berbeda-beda. Nah, mungkin saja masalah modem tidak bisa connect yang Anda alami disebabkan oleh APN yang salah.

Untuk menggantinya sangat mudah. Masuk ke aplikasi modemnya kemudian pilih Settings > Settings Preferences > Profil Management disitu Anda akan melihat kolom pengaturan APN dan sebagainya.

Berikut ini adalah macam-macam APN sim card di Indonesia. SIlahkan pilih dan sesuaikan dengan sim card yang Anda gunakan.

Telkomsel
Profil name : Telkomsel GPRS
APN : Telkomsel
Username : wap
Password : wap123

Axis
Profil name : Axis
APN : Axis
Username : Axis
Password : 123456

Three
Profil name : Three
APN : 3gprs
Username : 3data
Password : 3data

XL
Profil name : XL GRPS
APN : www.xlgprs.net
Username : xlgrps
Password : proxl

Indosat
Profil name : Indosat GPRS
APN : Indosatgprs
Username : indosat
Password : indosat

Nah, itulah artikel mengenai cara mengatasi modem tidak bisa connect ke internet. Semua cara itu merupakan pengalaman saya pribadi ketika mengalami masalah modem tidak bisa connect. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Advertisement