Cara Mengatasi Operating System Not Found

Cara Mengatasi Operating System Not Found
Cara Mengatasi Operating System Not Found
Masalah operating system not found ini hampir sama dengan missing operating system, bahkan memang sama, yaitu sama-sama memberitahukan bahwa sistem operasi tidak ada atau hilang. Jadi ketika mengalami masalah ini, otomatis laptop atau komputer Anda tidak bisa booting ke sistem operasi, mau tidak mau harus membetulkannya terlebih dahulu agar bisa kembali normal.

Pesan code error yang ditampilkan dalam masalah operating system not found ini bermacam-macam tapi pada intinya permasalahannya sama saja. Pesan yang biasa ditampilkan adalah Missing Operating system, Operating System not found, Setup did not find any hard drives installed on your computer. Setiap masalah pasti ada penyebabnya, adapun masalah yang sering menjadi penyebab operating system not found adalah sebagai berikut:

  1. Pengaturan BIOS Kurang Tepat
  2. Urutan Boot Salah
  3. MBR Hilang
  4. Hardisk Bermasalah

Kebanyakan orang mengalami operating system not found karena masalah pertama yaitu pengaturan BIOS kurang tepat. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang cara mengatasi operating system not found.

Solusi Mengatasi Opertaing System Not Found

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami masalah operating system not found, silahkan bisa mencoba cara-cara yang saya bagikan di bawah ini. Lakukan satu per satu ya, siapa tahu baru melakukan cara pertama saja sudah berhasil mengatasi operating system not found.

#1. Cara Pertama : Mengatasi Masalah BIOS Kurang Tepat

Masalah ini mungkin terjadi karena Anda tidak sengaja mengubah pengaturan BIOS dan lupa mengembalikannya. Pengaturan yang seharusnya Legacy berubah menjadi UEFI. Ada sebagian laptop yang hanya bisa booting ketika menggunakan Legacy saja, jadi silahkan coba ubah menjadi Legacy. Cara singkatnya seperti di bawah ini.

  1. Masuk ke BIOS dengan menekan F1, F2, F3, F8, F10, F11, ESC, atau DEL (Pilih yang sesuai laptop Anda).
  2. Pindah ke tab Boot.
  3. Pada UEFI/BIOS Boot Mode ganti menjadi Legacy.
  4. Simpan dan keluar (tekan F10).

#2. Cara Kedua : Mengatasi Urutan Boot Salah

Ini menjadi kemungkinan kedua. Urutan boot yang salah juga bisa menyebabkan masalah operating system not found. Kemungkinan ini terjadi karena sebelumnya Anda pernah menancapkan USB external (Hardisk external, flashdisk, dan penyimpanan lainnya) dan lupa melepasnya hingga komputer mati, jadi ketika dihidupkan muncul operating system not found. Untuk mengubah urutan boot BIOS, cara singkatnya seperti di bawah ini.

  1. Masuk ke BIOS dengan menekan F1, F2, F3, F8, F10, F11, ESC, atau DEL (Pilih yang sesuai laptop Anda.)
  2. Pindah ke tab Boot.
  3. Silahkan ubah boot priority paling atas menjadi Hardisk tempat menyimpan sistem operasi.
  4. Simpan dan keluar (tekan F10).

#3. Cara Ketiga : Mengatasi MBR Hilang

Partisi MBR hilang biasanya disebabkan karena sebelumnya pernah menambahkan dualboot pada hardisk. Maksud dualboot adalah menginstall dua sistem operasi dalam satu laptop, seperti contoh Windows dan Linux. Ketika Anda menghapus sistem operasi Linux, maka yang terjadi adalah MBR hilang. Maka dari itu harus memperbaikinya. Untuk cara memperbaikinya, silahkan lihat di bawah ini.

  1. Boot melalui CD Windows Anda.
  2. Setelah masuk hingga halaman seperti gambar di bawah ini, pilih Repair Your Computer.
    Cara Mengatasi Operating System Not Found
  3. Kemudian Anda akan menemui tampilan seperti ini, langsung saja klik Next.
    Cara Mengatasi Operating System Not Found
  4. Jika ada pilihan menggunakan System Restore, silahkan pilih Cancel saja. Dan jika startup repair dimulai otomatis, silahkan langsung klik Cancel juga.
    Cara Mengatasi Operating System Not Found
  5. Pilih View advanced options for system recovery and support. Jika Windows dipassword, biasanya akan diminta memasukkan password, tapi jika tidak bisa dikosongi saja.
    Cara Mengatasi Operating System Not Found
  6. Setelah itu pilih Command Prompt seperti gambar di bawah ini.
    Cara Mengatasi Operating System Not Found
  7. Ketikkan bootrec /rebuildbcd. Jika proses telah selesai, ketik Y dan enter untuk menambahkannya ke boot list agar nanti bisa booting.
    Cara Mengatasi Operating System Not Found
  8. Selesai.

#4. Cara Keempat : Hardisk Bermasalah

Hardisk yang bermasalah kemungkinan akan muncul operating system not found. Hardisk bisa saja corrupt atau memang sudah saatnya ganti. Untuk mencobanya, silahkan lepas hardisknya dan coba cek di komputer lain (jadikan hardisk external saja). Dan silahkan cek kesehatan hardisk dengan menggunakan berbagai software yang banyak tersedia. Jika kesehatannya memang masih 100%, kemungkinan file sistem operasi corrupt. Jika corrupt, Anda harus melakukan langkah ke-5.

#5. Cara Kelima : Install Ulang

Ini langkah terakhir yang harus ditempuh jika langkah-langkah di atas memang tidak bisa digunakan. Untuk menginstall sistem operasi sebenarnya sangat mudah, tapi jika Anda tidak bisa saya sarankan lebih baik membawanya ke tempat service saja.

Nah, itulah sedikit tips cara mengatasi operating system not found. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan operating system not found pada laptop atau komputer Anda.
Advertisement