Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
Touchpad pada laptop memiliki fungsi yang sangat penting, terlebih bagi Anda yang tidak memiliki mouse. Apakah Anda tahu apa itu touchpad pada laptop? Touchpad adalah perangkat penunjuk yang pasti terdapat pada laptop dan digunakan sebagai penggerak kursor di layar. Jadi, touchpad ini sama halnya dengan mouse yang digunakan untuk menggerakkan pointer dan memilih sebuah pilihan (klik).

Touchpad memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan mouse yaitu bentuknya yang simple dan responsive, tidak mengganggu dalam menggunakan laptop. Selain itu, dengan menggunakan touchpad maka kita bisa menggunakan laptop di tempat yang sempit, tidak memerlukan tempat luas untuk meletakkan mouse. Namun disamping itu, touchpad juga memiliki kekurangan tersendiri yaitu terkadang sering mati sendiri sehingga tidak dapat digunakan.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Mengalami masalah touchpad yang tidak berfungsi memang sangat menjengkelkan, terlebih ketika sedang mengerjakan tugas yang penting dan kebetulan tidak membawa mouse. Permasalahan touchpad tidak berfungsi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti, touchpad belum aktif, driver belum terinstall atau touchpad memang sudah rusak. Nah, yang akan saya bahas kali ini adalah cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi karena belum diaktifkan dan driver belum diinstall.

Cara ini sebenarnya sangat mudah, namun ketika Anda memang benar-benar belum tahu caranya pasti akan sangat sulit. Anda hanya tinggal menekan tombol pada keyboard, namun setiap merk laptop tombol untuk menghidupkan touchpadnya tidak sama.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error

1. Mengaktifkan Touchpad

Tombol yang digunakan untuk mengaktifkan touchpad pada laptop adalah Fn + (tombol untuk mengaktifkan touchpad laptop). Sebagai contoh, karena laptop saya Acer maka tombol yang digunakan adalah Fn + F7, kalau untuk merk laptop lainnya silahkan lihat di bawah ini.

  1. Asus menggunakan tombol Fn + F3 atau Fn + F7
  2. Acer menggunakan tombol Fn + F7
  3. Dell menggunakan tombol Fn + F7
  4. Lenovo menggunakan tombol Fn + F6
  5. Mac menggunakan tombol Fn + F2
  6. Toshiba menggunakan tombol Fn + F9

Nah, itulah macam-macam tombol untuk mengaktifkan touchpad pada setiap laptop. Jika merk laptop Anda tidak tertera di atas, maka silahkan cari tombol keyboard dengan logo seperti gambar di bawah ini.


Tombol dengan icon seperti yang ditunjuk anak panah di atas merupakan tombol yang digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad pada laptop. Untuk letaknya (F2, F3, F7, dan sebagainya) memang berbeda-beda setiap merk laptop. Jadi yang dijadikan patokan adalah icon seperti gambar di atas.

2. Install Driver

Driver berfungsi agar perangkat lunak (sistem operasi) bisa mendeteksi touchpad pada laptop Anda. Silahkan install terlebih dahulu driver touchpad sesuai laptop Anda, silahkan cari di website resminya atau biasanya ada dalam CD yang didapatkan bersamaan saat pembelian laptop. Jika sudah menginstall driver silahkan restart laptop Anda dan sek apakah touchpad sudah bisa digunakan atau belum.

Lalu, jika sudah mencoba kedua cara di atas tetapi touchpad tetap tidak berfungsi bagaimana? Kemungkinan touchpad laptop Anda memang sudah rusak dan tidak bisa digunakan. Adapun alternatif lainnya adalah membawanya ke tempat service laptop terdekat dan terpercaya.

Mungkin hanya ini saja artikel mengenai cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan touchpad tidak berfungsi.
Advertisement