Cara Mengecilkan File Pdf Menjadi 200kb Paling Mudah

Cara Mengecilkan File Pdf Menjadi 200kb Paling Mudah
Cara Mengecilkan File Pdf Menjadi 200kb Paling Mudah
File PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas atau file yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk mepresentasikan dokumen 2D (dua dimensi) yang meliputi teks, huruf, citra, dan grafik vector dua dimensi. Pengertian PDF menurut Wikipedia. Hingga saat ini, file PDF masih sering digunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah keperluan lamaran pekerjaan.

Karena zaman yang semakin berkembang, sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online sehingga para pelamar tidak harus datang ke perusahaan untuk mendaftarkan dirinya. File PDF ini seringkali menjadi syarat untuk mendaftarkan pekerjaan melalui website sebuah perusahaan dengan cara mengupload file PDF tersebut.

Cara Mengecilkan File Pdf Menjadi 200kb

Namun sampai disini, masih banyak orang yang mengalami masalah ketika hendak mengupload file PDF tersebut. Masalahnya adalah, pada website perusahaan memiliki limit bandwith upload biasanya 200kb atau bisa lebih tergantung websitenya. Jadi, karena biasanya file PDF yang akan diupload lebih dari 5MB, mau tidak mau harus mengecilkan file PDF tersebut menjadi kurang dari 200kb.

Karena saya yakin banyak orang yang belum mengetahui cara ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengecilkan file PDF kurang dari 200kb dengan sangat mudah. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan laptop atau smartphone Anda, dan yang pasti yang diperlukan selanjutnya adalah kuota internet karena kita akan melakukannya secara online.

Cara Mengecilkan File PDF Kurang dari 200kb

Dengan cara ini, Anda tidak perlu meminta tolong kepada orang lain untuk melakukannya. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti tutorial ini. Tutorial mengecilkan file PDF menjadi kurang dari 200kb ini merupakan tutorial yang sangat mudah, saya yakin Anda semua pasti bisa.

1. Silahkan Anda masuk ke website ini http://smallpdf.com/compress-pdf

2. Jika sudah, maka Anda akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara mengecilkan pdf kurang dari 200kb

3. Selanjutnya, silahkan klik Chose file untuk memilih file PDF yang akan diperkecil ukurannya.

4. Setelah itu, maka dengan otomatis akan melakukan compressing file. Dan hasil akhirnya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengecilkan PDF dibawah 200kb
Selesai deh. Lihat gambar di atas, saya mengecilkan file dari ukuran 496KB menjadi 114KB, lumayan lam compressnya.

Jika ukurannya belum sesuai yang dikehendaki, lakukan compress ulang dengan menggunakan file PDF yang baru saja dicompress sampai ukuran yang dikehendaki. Caranya seperti di atas, sama saja.

Sebenarnya masih banyak banget website compress online untuk memperkecil ukuran file PDF menjadi 200kb, namun menurut saya website yang paling ampuh dan terbaik adalah website tersebut.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, semoga tutorial cara mengecilkan ukuran PDF menjadi kurang dari 200kb ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Advertisement