Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Jaringan WAN

Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Jaringan WAN
Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Jaringan WAN
WAN memiliki kepanjangan Wide Area Network, merupakan sebuah jaringan yang memiliki jangkauan lebih luas daripada LAN dan MAN yaitu mencakup negara atau bahkan benua. WAN merupakan kumpulan LAN yang ada di berbagai lokasi. Jika dilihat dari fungsinya, WAN tidak jauh berbeda dengan LAN yaitu berfungsi menghubungkan antar komputer, printer, dan perangkat lainnya dalam satu jaringan.

Untuk membuat jaringan WAN, maka diperlukan sebuah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan. Perangkat-perangkat tersebut antara lain sebagai antar muka, penghubung jaringan, ataupun sebagai penghantar WiFi. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan peralatan apa saja yang digunakan untuk membuat jaringan WAN.

Peralatan Jaringan WAN

Infrastruktur Jaringan WAN

Sama halnya jaringan lain seperti LAN, sebuah WAN juga terdapat sejumlah perangkat yang melewarkan aliran informasi data. Penggabungan perangkat-perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur WAN. Adapun perangkat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Router

Router merupakan sebuah perangkat jaringan yang berfungsi mengirimkan paket data melalui jaringan menuju tujuannya. Pengiriman paket data tersebut disebut dengan routing. Router biasa digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan.

2. Modem

Modem atau Modulator Demulator merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital ataupun sebaliknya. Pada pengirim, modem berfungsi mengubah sinyal digital menjadi analog. Sedangkan pada penerima, modem berfungsi sinyal ke format digital kembali.

3. CSU/DSU

CSU/DSU atau Channel Service Unit/Data Service Unit merupakan perangkat yang hampir sama dengan modem. Hanya saja, CSU/DSU memiliki fungsi mengirimkan data dalam format digital melalui jaringan telepon digital.

4. Multiplexer

Multiplexer berfungsi untuk mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit. Multiplexer mampu mentransfer beberapa data secara simultan atau terus-menerus. Adapun data yang dimaksud adalah seperti audio, video, text, dan lain-lain.

5. Switch ATM

Switch ATM merupakan penyedia transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN. ATM sendiri memiliki kepanjangan Asynchronous Transfer Mode.

Peralatan Jaringan WAN

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah peralatan yang digunakan untuk membuat atau membangun jaringan WAN (Wide Area Network):

1. Antena Grid

Antena Grid memiliki fungsi memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point atau point to multipoint. Antena ini dapat menerima dan mengirim sinyal data dengan sistem gelombang radio 2,4 Mhz.

2. Access Point Radio Senao

Alat ini berfungsi sebagai Switch atau HUB untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless atau nirkabel. Pada access point inilah koneksi data dikirimkan atau dipancarkan melalui gelombang radio. Ukuran kekuatan sinyal akan mempengaruhi luas jangkauan, semakin besar kekuatan sinyal maka semakin luas jangkauannya.

3. Kabel Pigtail

Kabel Pigtail merupakan peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan Antena Grid dengan Access Point Radio Senao. Kalau pada modem, alat ini digunakan untuk menghubungkan modem dengan antena external modem.

4. Kabel UTP

Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair merupakan kabel yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer. Fungsi kabel ini dalam pembuatan jaringan WAN adalah menghubungkan Access Point Radio Senao dengan Personal Computer.

5. Personal Computer

Fungsi dari PC atau Personal Computer dalam jaringan WAN adalah sebagai client serta servernya.

Itulah artikel mengenai peralatan jaringan WAN. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.
Advertisement