13 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

13 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Windows 10
13 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Baca Juga


13 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot Windows 10
Windows 10 adalah sistem operasi terbaru besutan Microsoft Corporation. Sampai saat ini, OS Windows tetap menjadi pilihan utama para pengguna komputer karena tampilannya yang menarik dan dukungan aplikasi yang lebih lengkap untuk berbagai keperluan.

Tetapi di balik semua keunggulannya, banyak pengguna yang mengeluhkan Windows 10 terlalu lambat saat digunakan di laptop. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah pada hardware maupun software. Ada 13 cara mengatasi laptop lemot Windows 10 yang sangat praktis dan mudah untuk dipraktekkan

Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Di Laptop

     Restart Laptop

Sebagian besar masalah pada laptop bisa diatasi hanya dengan melakukan restart. Jika laptop menjalankan terlalu banyak aplikasi atau digunakan terlalu lama, wajar jika kinerja laptop terus menurun. Walaupun terkesan sepele, melakukan restart sangat efektif karena laptop akan bekerja dalam kondisi yang lebih fresh sehingga bisa memberikan performa yang lebih cepat.

     Pastikan Spesifikasi Hardware Sesuai

Yang harus pertama kali diperhatikan saat mengalami masalah Windows 10 lemot adalah spesifikasi hardware. Sebagai sistem operasi terbaru, Windows 10 tentu memiliki spesifikasi hardware yang cukup tinggi dan komponen yang memadai untuk mendapatkan performa yang maksimal. Spesifikasi hardware Windows 10 bisa dilihat di situs resmi Microsoft melalui link berikut :

     Bersihkan Komponen Laptop

Tanpa disadari, bagian dalam laptop bisa mengandung banyak debu dan kotoran yang terhisap masuk melalui fan, maupun melalui komponen lain yang memiliki celah untuk masuknya debu. Jika dibiarkan terlalu lama, debu dan kotoran bisa mengendap dan menjadi semakin tebal. Hal ini tentu saja mengganggu kinerja komponen laptop dan memperlambat jalannya sistem operasi Windows 10. Bahkan pada kasus yang fatal, komponen bisa mengalami kerusakan akibat kotoran yang terlalu menumpuk dan jarang dibersihkan.

     Update

Windows 10 yang lambat juga bisa disebabkan oleh bug pada sistem operasi. Bug merupakan hal yang wajar dan selalu ditemukan di setiap OS dan aplikasi. Untuk mengatasi bug tersebut, pihak developer menyediakan update secara berkala. Jika Anda masih menggunakan Windows 10 versi lama, cobalah melakukan update untuk menutup bug dan celah keamanan. Setelah diupdate, Windows 10 akan menjadi lebih cepat dan stabil saat digunakan.

     Periksa Aplikasi Saat Booting

Dari sekian banyak aplikasi yang terinstall di sistem operasi, ada beberapa aplikasi yang langsung dijalankan saat komputer booting. Aplikasi semacam ini akan memperlambat kinerja laptop dan membuat proses booting menjadi lebih lama. Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan berjalan otomatis saat booting dengan membuka task manager, lalu klik tab startup. Di sana Anda bisa menemukan daftar aplikasi beserta opsi startup yang bisa diaktifkan ataupun dinonaktifkan sesuai kebutuhan dan keinginan.

     Lakukan Disc Cleanup

Tanpa disadari, ada banyak file yang tidak lagi dibutuhkan tetapi masih tersimpan di disk laptop. File-file semacam ini bisa memenuhi kapasitas penyimpanan dan memperlambat kinerja sistem operasi. Kabar baiknya, Windows 10 menyematkan fitur Disk Cleanup yang bisa digunakan untuk menghapus file-file yang sudah tidak digunakan secara otomatis. Dengan fitur ini, penyimpanan laptop bisa dibersihkan dari file-file tidak berguna sehingga Windows 10 bisa bekerja dengan lebih cepat.

     Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Coba Anda perhatikan lagi daftar aplikasi yang terinstall di laptop Anda. Jika Anda menemukan aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan, lebih baik uninstall aplikasi tersebut untuk melonggarkan kapasitas ruang penyimpanan dan meringankan kinerja sistem. Banyak aplikasi yang tetap berjalan walaupun Anda tidak sedang membukanya. Menghapus sebagian aplikasi akan meringankan kinerja laptop dan meningkatkan performa Windows 10.

     Matikan Fitur Special Effect

Windows memang terkenal dengan tampilannya yang menarik dan futuristik. Salah satu fitur unggulan Windows 10 adalah special effect yang bisa memberikan kesan animatif. Tetapi fitur ini juga bisa memperberat laptop, apalagi kalau spesifikasi hardware kurang mumpuni. Kalau Anda mengalami Windows 10 lemot, cobalah mematikan fitur special effect lewat Control Panel > System and Security > System > Advanced System Settings. Lalu pilihlah tab peformance, di sana Anda bisa memilih opsi mana saja yang ingin dinonaktifkan.

     Upgrade RAM

Salah satu komponen penting yang sangat berpengaruh pada kecepatan laptop adalah RAM (Random Access Memory). Jika RAM laptop Anda terlalu rendah, cobalah melakukan upgrade untuk meningkatkan kecepatan laptop. Apalagi jika laptop tersebut digunakan untuk pekerjaan yang cukup berat seperti desain, editing video, atau game-game berat dengan tampilan grafis yang sangat tinggi. Tentu dibutuhkan RAM yang lebih besar agar laptop tidak menjadi lambat.

     Gunakan SSD

Laptop keluaran lama masih menggunakan HDD sebagai media penyimpanan. Salah satu cara mengatasi laptop lemot Windows 10 adalah dengan melakukan upgrade ke SSD yang terbukti mampu melakukan baca tulis data jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Perbedaan keduanya pun cukup drastis. Anda akan dikejutkan sejak pertama kali menyalakan laptop karena proses booting yang sangat cepat. File Anda juga lebih awet jika disimpan di SSD, terutama untuk penggunaan jangka panjang.

     Scan Virus Dan Malware

Celah keamanan pada sistem operasi menyebabkan banyaknya virus dan malware pada laptop. Keberadaan virus dan malware sangat merugikan karena bisa merusak file, mencuri data, dan tentu saja memperberar kinerja laptop. Upayakan untuk menginstall antivirus yang berkualitas dan melakukan scanning secara rutin agar laptop tetap aman dan bebas dari virus dan malware.

     Sesuaikan Power Options

Pengaturan daya pada laptop juga berpengaruh pada kinerja laptop secara keseluruhan. Jika laptop Anda terlalu lambat, cobalah dengan mengubah pengaturan daya di Control Panel > System and Security > Power Options. Klik tanda panah di bagian kanan lalu pilih High Performance.

     Lakukan System Maintenance

Windows 10 memiliki fitur canggih yang bisa digunakan untuk melakukan perawatan sistem secara otomatis. Dengan fitur ini, Windows akan melakukan defragemntasi disk, memeriksa pembaruan, dan melakukan scanning Malware secara rutin. Buka Control Panel lalu pilih menu Security and Maintenance. Klik tanda panah yang menunjukkan opsi maintenance, kemudian klik Start Maintenance. Windows akan melakukan perawatan sistem secara otomatis dan segera mengambil tindakan jika ditemukan masalah pada sistem operasi Anda. Lakukan secara rutin untuk menjaga laptop Anda tetap stabil dan tidak lambat.


Itulah 13 cara mengatasi laptop lemot Windows 10 yang bisa Anda praktekkan sendiri dengan sangat mudah. Yang tidak kalah penting adalah senantiasa menjaga kondisi laptop agar tetap berada pada kondisi terbaiknya. Dari segi hardware, langkah ini dilakukan dengan membersihkan laptop secara rutin dan mengatur waktu penggunaan laptop agar tidak terlalu panas. Dari segi software, hindarilah penggunaan aplikasi bajakan agar laptop Anda tidak terserang virus dan malware. Dengan cara yang benar, Windows 10 akan bekerja dengan stabil, aman, dan cepat untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari.
Advertisement